Minggu, Mei 19, 2024
BerandaPemerintahSebanyak 149 Karateka ASKI Taput dan Humbahas Laksanakan Ghasuku Serta Ujian Tingkat/Kyu

Sebanyak 149 Karateka ASKI Taput dan Humbahas Laksanakan Ghasuku Serta Ujian Tingkat/Kyu

Taput (Neracanews) | Sebanyak karateka yang tergabung di Akademi Seni beladiri Karate Indonesia (ASKI) mengikuti ujian kenaikan tingkat dan penurunan Kyu di gedung Nasional Tarutung, Tapanuli Utara. Senin (11/3/2024).

Menurut tim penguji dari ASKI Sumut, Sensei Bob Sinurat dan Tumanda Pasaribu, ujian kenaikan kyu dan kenaikan tingkat memiliki slogan “ASKI Jiwa Juara” ini merupakan kegiatan yang rutin secara berkala tiap semester.

“Dalam waktu dekat ini ASKI Taput dan Humbahas akan mengikuti kejurnas di Jakarta, bertempat di Gor kelapa gading, besar harapan kami, atlet kita bisa di fasilitasi, minimal tiket pulang pergi, bagi anak didik kami masih ada pembenahan dan latihan pemantapan,” ucap Bob.

Ditambahkan, “bagi orang tua, kami mengucapkan. Terimakasih atas kepercayaannya kepada ASKI,” pungkas Bob.

Sebelumnya, ketua ASKI Taput Oppo Tua Lumbantobing, menyampaikan dengan karate kesehatan para karateka dapat terjaga, kekuatan tubuh bisa terbentuk dan kondisi fisik yang prima mampu mencegah berbagai macam penyakit. “Jadi karate harus sehat,” tegasnya.

Usai menguji juga menyampaikan bahwa teknik karate harus ditingkatkan, bahkan pelatih pun harus memahami dunia perwasitan.

“Tingkatkan teknik kalian, bahkan pelatih dojo pun harus meningkatkan dan mempelajari perwasitan,”jelas Oppo yang dampingi penasehat ASKI J Marbun.

Selanjutnya, Bupati Tapanuli Utara Dr.Drs. Nikson Nababan.M.Si yang di wakili oleh Kadis Pora Pemkab Taput Marco Panggabean berharap agar para karateka memiliki semangat untuk berkembang sehingga mampu mengukir prestasi dicabang olahraga yang membutuhkan kecepatan berpikir, bertindak, serta ketahanan fisik.

“Dengan ujian tingkat kyu ini diharapkan para Karateka dapat lebih bersemangat dalam latihan dan mengejar prestasi,” ujar Marco Panggabean.

Marco juga menambahkan dengan menggabungkan kecerdasan otak dan kemampuan fisik, beladiri karate akan menumbuhkan kepercayaan diri dan kreativitas dalam diri masing-masing.

Selain berprestasi,karateka adalah mampu berguna dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari.

“dengan adanya kegiatan ini Karate ASKI bisa berprestasi tingkat Propinsi dan Nasional. Semua karateka menjunjung tinggi sportifitas dalam setiap pertandingan. Menjadi kebanggaan bagi keluarga dan daerah” ujar Marco.

“Sebagai seorang karateka yang mempunyai kelebihan beladiri, kalian dituntut untuk menjauhi sifat tercela, apalagi sampai terjebak pada sifat angkuh dan sombong,” pungkasnya

Tampak hadir dalam kegiatan ujian peningkatan, pelatih Dojo Jhons Veri Hutauruk, Seven SJ Hutauruk, Frangki Sianturi, Holmes juntak, Marto Sitorus, Rizal Marbun.

Adapun karateka yang mengikuti Sabuk Putih sebanyak 58 orang, Kuning 14 orang, orange 42 orang, Hijau 29 orang, Biru 4 orang dan Coklat 2 orang. (Henry)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments