Selasa, Juli 23, 2024
BerandaPemerintahTindak Lanjut PKS, LPKA Palu-Forum Duta Genre Sulteng Hadirkan Kelas Peduli Remaja

Tindak Lanjut PKS, LPKA Palu-Forum Duta Genre Sulteng Hadirkan Kelas Peduli Remaja

Palu – Sehubungan dengan pelaksanaan hasil tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama (PKS), Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) bersama Forum Generasi Berencana Sulawesi Tengah (GenRe Sulteng) hadirkan kelas peduli remaja bagi para Anak Binaan.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Jumat, 26 April 2024 tersebut, bertujuan sebagai Implementasi upgrade tentang Kita Bicara Soal Lifeskills dan Kekerasan Seksual agar mindset Anak Binaan LPKA Palu mulai berkembang dan peduli dengan betapa pentingnya kesadaran dan kepedulian terhadap sesama remaja sebagai wadah saling bercerita dan menjadi pendukung bagi orang-orang sekitar.

Bertempat di Ruang Pendidikan, kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 13 sesi pertemuan. Adapun materi yang diberikan pada kegiatan kelas peduli remaja meliputi mengenal diri, mengelola emosi, berfikir kritis, berfikir kreatif, membuat keputusan, hubungan interpersonal, empati, komunikasi efekti, mengatasi stres, memecahkan masalah, mengenal konsensual dan non konsensual, waspada cat calling dan body shaming.

Menjadi fasilitator, Tesalonika menjelaskan bahwa Genre Sulteng hadir untuk memberikan edukasi dan informasi kepada para remaja Indonesia khususnya daerah Sulawesi Tengah agar menjadi generasi yang punya perencanaan kehidupan yang matang.

“Akan ada berbagai modul yang menjadi dasar kita dalam mewujudkan generasi yang hebat, salah satunya dengan Kelas Peduli Remaja. Kelas ini memiliki 13 kali pertemuan. Syukurlah kita berhasil dan sukses memberikan pembelajaran tersebut dengan diselingi beberapa games menarik agar tidak membosankan,” jelas Tesa

Dirinya mengapresiasi atas kerja keras dan semangat para anak binaan di LPKA Palu dalam mengikuti kelas tersebut.

“Setelah melewati modul pertama ini, ada tiga peserta terbaik dan kita akan memberikan sertifikat penghargaan, hal ini merupakan penambah semangat dan motivasi untuk anak binaan lainnya dalam meningkatkan kapasitas diiri,” ujarnya

Sementara itu, Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun, mengatakan bahwa dengan adanya kerja sama ini dapat menambah kegiatan yang bermanfaat dalam memberikan pembinaan kepada Anak Binaan.

“Semoga melalui kegiatan ini mereka lebih terbuka mengenai masalah yang mereka punya dan dapat membuat kebahagiaan versi mereka sendiri, serta dapat mengimplementasikan di kehidupan sehari-hari,” harap Revanda.

Senada, Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar mengapresiasi atas jalinan sinergitas LPKA Palu bersama stakeholder maupun para komunitas pemerhati anak yang ada di Sulawesi Tengah.

Menurut Kakanwil Hermansyah, kegiatan ini sangat baik untuk mengembangkan tumbuh kembang bagi para anak binaan melalui pembelajaran teman sebaya.

“Ini adalah salah satu komitmen kita dalam menciptakan generasi hebat menuju Indonesia Emas 2045. Terima kasih LPKA Palu atas jalinan sinergitasnya. Tetap semang, terus berkarya dan berinovasi,” pungkas Kakanwil Hermansyah.(Rel)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments