Wakil Bupati
Kabanjahe- Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting tinjau jalan rusak di sejumlah titik di Kota Berastagi dan Kabanjahe, Kamis (7/4/2022). Pertama yang dikunjungi Wakil Bupati, Jalan Letjen Jamin Ginting di seputaran Simpang Ujung Aji, Berastagi tepatnya di depan Gang Karya.

Disitu, Theopilus Ginting menyoroti drainase yang ada di depan rumah masyarakat. “Pasalnya, drainase tersebut tidak berfungsi dengan baik sehingga mengakibatkan kerusakan jalan. Setiap musim hujan air limbah warga meluber dari drainase ke permukaan badan jalan,” tuturnya.

Ia berharap agar masyarakat terutama pada usaha warga tempat pencucian wortel tidak sembarang membuang air limbah pencucian berupa lumpur dan wortel rusak tersebut tidak masuk kedalam drainase, sehingga mengakibatkan endapan lumpur dan menyumbat drainase. Otomatis drainase tidak berfungsi dengan baik, ucapnya.

“Kita harus bekerja sama dengan warga dan kita akan panggil Kepala Desa serta Camat agar bersama-sama mengawal masyarakat supaya dapat mempergunakan drainase ini sebagaimana mestinya,” kata Theopilus Ginting.

Untuk kedepannya, lanjut dia, Jalan Letjen Jamin Ginting yang merupakan jalan nasional, akan segera kita lakukan pemeliharaan atau perbaikan, sebutnya.

Senada dikatakan, Kepala Dinas PUPR, Edward Pontianus Sinulingga. “Dalam memperbaiki jalan nasional ini kita harus berkordinasi dengan Balai Besar Penanganan Jalan Nasional (BBPJN) Sumut 1 Medan,” ujarnya.

Menurut Edward Pontianus Sinulingga, sosialisasi kepada masyarakat terhadap kegiatan pencucian wortel supaya sampah dan lumpur wortel tersebut tidak dibuang kedalam drainase, ini sangatlah penting untuk menggugah kesadaran warga atau pemilik usaha pencucian wortel tidak sembarangan membuang limbah penyucian ke badan jalan arau drainase, ungkapnya.

Selanjutnya, Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting bersama Kepala Dinas PUPR, Edward Pontianus Sinulingga, melanjutkan peninjauan kerusakan jalan Kapten Selamat Ketaren Kabanjahe.

Dengan berjalan kaki dari Bundaran Adipura Simpang Enam, Theopilus Ginting bersama Kepala Dinas PUPR, Edward Pontianus Sinulingga, melihat kondisi jalan yang rusak hingga titik terparah di persimpangan Zentrum atau depan Gedung PPWG GBKP.

Turut hadir mendampingi peninjauan itu, Kepala Dinas PUPR, Edward Pontianus Sinulingga, ST, Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Evanlit Sembiring serta Camat Berastagi, David Cardona, S.Sos. (Afs)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini