Minggu, Mei 19, 2024
BerandaPemerintahLPKA Palu Bersinergi dengan Forum Genre Sulteng Wujudkan Generasi Emas

LPKA Palu Bersinergi dengan Forum Genre Sulteng Wujudkan Generasi Emas

Palu – Menyongsong bangkitnya generasi emas Indonesia Tahun 2045, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah ( Sulteng) jalin sinergitas bersama forum Generasi Berencana (Genre) Sulteng, (19/4) Pagi.

Kegiatan ini belokasi di Ruang Belajar LPKA Palu dan diikuti oleh 18 orang anak binaan yang memiliki usia rata-rata 16-17 Tahun, dengan berjenis kelamin laki-laki serta berasal dari beberapa daerah di Sulawesi Tengah.

Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun mengatakan, dalam mewujudkan generasi emas diperlukan pembangunan Pendidikan dalam perspektif masa depan, yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia yang berkualitas, maju, mandiri dan modern serta meningkatkan harkat dan martabat bangsa.

Selanjutnya, Revanda menjelaskan kotribusi generasi muda sangat berpengaruh terwujudnya Indonesia emas 2045 sebagai usia produktif, berkualitas, berkompeten, dan berdaya saing tinggi.

Revanda juga mengapresiasi keberadaan Forum Genre yang terus berupaya menghadirkan program-program bermutu guna mendukung tumbuh kembang bagi setiap anak dan hal itu sekaligus menjadi sarana menyambut Generasi Indonesia Emas 2045.

“Mereka (Forum Genre) menjadi mitra stakeholder kita, karena berbagai masalah remaja adalah tanggung jawab kita khususnya bagi anak yang berhadapan dengan hukum. Maka, adik-adik dari Forum Genre ini menjadi stakeholder yang berkontribusi dalam mewujudkan Generasi emas,” kata Revanda

“Karena adik-adik kita dari Forum Genre dapat lebih mudah berkomunikasi dan menjaring pertemanan sesama anak muda, sehingga sosialisasi dan edukasi yang disampaikan lebih tepat sasaran. Hal ini juga menjadi salah satu Langkah strategis kita dalam memberikan pola pembinaan yang bermutu,” tambahnya

Pada kesempatan ini, berbagai kegiatan yang dilakukan Forum Genre untuk melatih para anak binaan antara lain, cara mengambil keputusan yang bijak, menjalin hubungan interpersonal, dan menumbuhkan rasa empati kepada sesama.

Menjadi fasilitator, Tesalonika Kusumawardani mengungkapkan, bahwa selama Forum Genre memberikan pelatihan dan edukasi di LPKA Palu para anak binaan sangat antusias dalam mengikutinya.

“Kita melakukan pendekatan dengan cara berbagi informasi yang mudah dipahami dan cocok untuk diterima diusia mereka saat ini. Pastinya butuh proses, namun dengan semangat kebersamaan dan dorongan dari pihak LPKA Palu kita perlahan-lah dapat menyelesaikan satu persatu target yang telah disepakati bersama,” ungkap Tesa

Ada momen menarik saat kegiatan berlangsung, salah seorang anak binaan, BG menjadi peserta teraktif karena mampu tampil di muka umum dengan menjelaskan projek yang diberikan. “Projek ini, yaitu bagaimana cara dalam mengambil keputusan yang bijak. Pastinya kita harus pahami situasi dan kondisi yang kita hadapi, tenangkan pikiran, dan dengarkan kata hati,” ujar BG

Disisi lain, Kegiatan ini menjadi atensi khusus Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar yang juga terus memberikan motivasi kepada jajarannya di LPKA Palu guna meningkatkan Sumber Daya Manusia yang unggul sehingga dapat menciptakan Generasi Emas Indoensia Tahun 2045.

“Kegiatan yang dihadirkan LPKA Palu sudah sangat baik, terus pertahankan dan kalau bisa ditingkatkan, mungkin kedepannya ada perwakilan anak binaan yang bisa menjadi Duta Genre,” pungkas Kakanwil Hermansyah Siregar.(Rel)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments