Neracanews | LANGKAT – Memperingati Hari Lingkungan Hidup, TRIBRATA TV Humas POLRI dan Wahana Hijau Indonesia (WHI) melaksanakan kegiatan penanaman sejuta bibit pohon mangrove di Desa Pintu Air, Kecamatan Pangkalansusu, Langkat, Minggu (5/6/2022).

Kegiatan ini didukung oleh Gubernur Sumatera Utara, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, BPBD Sumut, BPBD Medan, Basarnas, TNI dan Polri.

Penanaman dilakukan bersama sejumlah siswa Sekolah Dasar (SD) di Langkat, mahasiswa dan para komunitas pencinta alam. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat berguna untuk masyarakat sekitar dan alam semesta, serta dapat membantu mengurangi resiko bencana alam.

Dalam kata sambutannya, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumatera Utara Dr. Tengku Fadli Ramli, mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mendukung penuh pelestarian lingkungan hidup.

“Dukungan tersebut sesuai dengan Keputusan Gubernur Sumatera Utara tentang daftar kegiatan strategis daerah Sumatera Utara yang bermartabat, dan untuk menjaga alam, dunia dan isinya. Untuk itu kita hadir dengan berbagai bentuk kebijakan, aksi dan reaksi yang dibutuhkan guna mencegah bencana yang timbul akibat perubahan iklim. Seperti, menjaga keanekaragaman hayati dan merestorasi ekosistem, serta melestarikan fungsi daya dukung dan daya tampung sebagai sistem penopang kehidupan atau life support system yang salah satunya terhadap ekosistem mangrove. Semoga kegiatan hari ini dapat memberikan dan menyumbang oksigen yang ada di bumi ini,” urai Dr. Tengku Fadli Ramli.

Sementara Kepala BPBD Sumatera Utara Ir. H. Abdul Haris MSi menyatakan pentingnya kesadaran manusia terhadap lingkungan dan alam.

“Kegiatan seperti ini (penanaman bibit pohon) perlu kita tingkatkan dalam diri kita masing-masing, agar kita bisa dapat mencintai dan menghargai alam. Cintailah alam, maka alam akan mencintai kita,” pesan Ir. H. Abdul Haris MSi.

Sedangkan Anton Sudarwo yang mewakili Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI menambahkan, kegiatan ini memgambil tema ‘Satu Bumi untuk Masa Depan’.

“Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2022 ini menjadi momen penting untuk terus menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran, serta kepedulian untuk terus memperbaiki perilaku yang adil terhadap lingkungan. Lingkungan yang sehat membutuhkan dukungan dan keterlibatan semua pihak secara konstruktif,” Sebut Anton Sudarwo.

Dalam acara ini juga melibatkan para
Mahasiswa Pencinta Alam, Kelompok Pecinta Alam dan Siswa Pencinta Alam Sumatera Utara, Mapasta UINSU, Genetika FP UISU, Sabhagiri-6, Wanaarka – Unusu L&C Rindala, Komapal UNPAB, IMPALA DS, MAPALA UMA, GMPA ITM, MATRIPALA dan GEMPAR.

Turut hadir juga, Ketua PD KBPP Polri Sumut Ir. Bonagaol, perwakilan Binmas Polda Sumut AKBP Marudut Hutabarat, perwakilan Humas Polda Sumut Kompol Muridan, Kooramil Pangkalansusu dan Wakapolsek Pangkalansusu.(021)