Kamis, Juli 18, 2024
BerandaPemerintahPemkab Karo Luncurkan Bantuan Cadangan Beras Tahap II Tahun 2023

Pemkab Karo Luncurkan Bantuan Cadangan Beras Tahap II Tahun 2023

Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang melalui Kepala Dinas Ketapang dan Perikanan Kabupaten Karo, Sarjana Purba, STP, MM, secara resmi meluncurkan Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah untuk Bantuan Pangan Tahap II Tahun 2023 di Kantor Cabang Pembantu Bulog Kabanjahe, Jalan Letjen Jamin Ginting Kabanjahe, Senin (11/09/2023).

Jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Karo kurang lebih sebanyak 21.339 KK.

Adapun bantuan pangan yang diberikan yakni beras 10 Kg per KPM selama 3 kali pembagian yaitu bulan April, Mei dan Juni 2023. Selanjutnya, Juli, Agustus, September.

Penyaluran cadangan beras pemerintah tersebut akan dilakukan selama tiga bulan ke depan. Nantinya, setiap keluarga penerima manfaat akan mendapatkan bantuan 10 Kg beras setiap bulannya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan berharap bantuan pangan berupa penyaluran cadangan beras pemerintah tersebut dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

“Selain itu, bantuan pangan ini juga diharapkan dapat membantu mengendalikan harga beras di pasaran,” kata Sarjana Purba.

Sarjana Purba menjelaskan bahwa keterjangkauan pangan merupakan kemampuan masyarakat dalam mengakses pangan baik dari sisi akses terhadap ekonomi maupun akses fisik.

“Pemerintah perlu memberikan jaminan atas pangan terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah dengan tujuan agar selalu memiliki akses terhadap pangan pada harga dan volume yang ideal bagi kebutuhannya,” jelasnya.

“Salah satu upaya untuk meningkatkan akses pangan bagi masyarakat adalah melalui pemberian bantuan pangan yang bersumber dari cadangan pangan pemerintah,” sambungnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pemerintah berkewajiban membantu masyarakat dan keluarga yang berkekurangan ekonomi dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.

“Penyaluran cadangan pangan pemerintah juga dapat dilaksanakan dalam rangka antisipasi, mitigasi dan pelaksanaan pemberian bantuan pangan,” tutur dia.

“Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan di seluruh Kabupaten Karo,” imbuh Sarjana Purba menambahkan.

“Semoga dengan adanya program pembagian cadangan beras ini dapat memberikan bantuan yang bermanfaat bagi masyarakat serta diharapkan dapat membantu mengendalikan harga beras di pasaran,” ucapnya.

Bersamaan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) merilis program bansos beras atau Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah. Lewat program ini, pemerintah akan mendistribusikan beras medium gratis kepada 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) selama tiga bulan, mulai September-November 2023.

Dalam peluncuran program ini, Senin (11/9/2023), Jokowi melakukan kunjungan langsung ke dua tempat, yakni Gudang Bulog Dramaga di Kabupaten Bogor dan Gudang Bulog DKI Jakarta & Banten di Kelapa Gading, Jakarta.

Turut hadir beberapa menteri dan pemangku kepentingan dalam kunjungan tersebut. Antara lain, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Kepala Perum Bulog Budi Waseso, dan Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi.

Erick Thohir mengatakan, penyaluran program beras ini tidak hanya dilakukan di dua tempat itu saja, tapi serentak di 38 provinsi seluruh Indonesia.

“Ini kan sesuai arahan bapak Presiden, bahwa pemerintah harus hadir. Ini program bantuan pangan kepada 21,3 juta keluarga di 38 provinsi. Jadi sudah luas,” ujar Erick Thohir di Gudang Bulog DKI Jakarta & Banten di Kelapa Gading, Jakarta, Senin (11/9/2023).

Sekedar mengingatkan kembali, Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang dan Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting secara resmi Launcing Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah Untuk Bantuan Pangan Tahap I Tahun 2023 di Kantor Bulog Kabanjahe Jalan Letjen Jamin Ginting, Kamis (13/4/2023) lalu.

Jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Karo kurang lebih sebanyak 21.339. Adapun bantuan pangan yang diberikan yakni beras 10 Kg per KPM selama 3 kali pembagian yaitu bulan April, Mei dan Juni 2023.

“Dengan adanya penyaluran bantuan pangan ini, saya berharap seluruh KPM yang menerima bantuan pangan ini dapat terbantu dalam pemenuhan akses pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga,” tuturnya saat itu. (As)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments