Sabtu, Mei 4, 2024
BerandaPeristiwaKilang Minyak Terbakar, Warga Indramayu Digemparkan Air Hujan Hitam

Kilang Minyak Terbakar, Warga Indramayu Digemparkan Air Hujan Hitam

Kilang minyak milik Pertamina RU VI Balongan meledak dan terbakar, warga di sejumlah wilayah di Kabupaten Indramayu dikejutkan dengan air hujan berwarna hitam, Senin (29/3/2021). Air hujan hitam itu diduga kuat terkait dengan kebakaran dahsyat yang melanda tangki kilang minyak milik Pertamina RU VI Balongan.

Seorang warga Kelurahan Margadadi, Kecamatan Indramayu, Wahyu (38) mengatakan, hujan mengguyur dengan deras pada Minggu (28/3/2021) mulai sekitar pukul 23.30 WIB. Hujan turun dengan lebat yang disertai petir menggelegar. Wahyu mengaku, terbiasa menampung air hujan dengan menggunakan beberapa ember untuk menyiram tanamannya. Hujan masih terus turun hingga sekitar pukul 02.00 WIB meski dengan intensitas yang ringan.

“Saat pagi saya kaget, lihat air di dalam ember-ember penampungan ternyata berwarna hitam,” kata Wahyu dilansir dari Ayojakarta.com-jaringan Suara.com, Selasa (30/3/2021).
Berdasarkan pantauan wartawan, air di dalam ember milik Wahyu terlihat ada sisa-sisa seperti jelaga. Selain itu, terlihat pula ada lapisan minyak di atas permukaan air tersebut.
Tak hanya itu, daun-daun tanaman di halaman rumah Wahyu juga menunjukkan ada sisa-sisa air hujan yang berwarna hitam.

Begitu pula sisa genangan air di jalan di samping rumahnya, juga terlihat menghitam. Wahyu mengaku, tidak tahu penyebab pasti hal tersebut. Namun, dia menduga, hal itu terkait dengan peristiwa kebakaran di kilang Pertamina Balongan. Rumahnya berjarak sekitar 15 kilometer dari lokasi.

Namun, asap kebakaran yang membumbung tinggi menyebar terbawa angin.

Hal senada juga diungkapkan seorang warga di Desa Tambak, Kecamatan Indramayu, Haris. Dia pun mengaku, kaget saat di pagi hari melihat sisa air hujan di depan rumahnya berwarna hitam.

“Saat saya cek, (sisa) air hujannya nglinyar (mengkilat seperti kena minyak),” tandas Haris.
Sumber SuaraBogor.id

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments