Rabu, Mei 8, 2024
BerandaPemerintahGerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih, Pemkab Karo Raih Penghargaan dari...

Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih, Pemkab Karo Raih Penghargaan dari Mendagri

Pemerintah Kabupaten Karo menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Penghargaan ini diterima Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang atas dukungannya dalam Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Tahun 2023 bertempat di Sasana Bhakti Praja Gedung C Lantai 3 Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (08/09/2023) pagi.

Turut hadir mendampingi Bupati pada kegiatan ini, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Karo, Caprilus Barus, S.Sos, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Karo, Tetap Ginting, S.Sos.

Penganugerahan ini merupakan bentuk penghargaan kepada Pemerintah Daerah yang telah melaksanakan kegiatan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Karo mulai tanggal 1 Juni sampai dengan 31 Agustus 2023.

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo yang menyerahkan penghargaan mengatakan, Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih merupakan salah satu upaya untuk memperkuat nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia.

Lebih lanjut Wempi mengatakan, upaya memperkuat nasionalisme penting terlebih di era globalisasi saat ini. Pasalnya, globalisasi tidak hanya berdampak positif tetapi juga negatif terhadap kehidupan masyarakat. Hal itu seperti meningkatnya sifat individualisme, sifat konsumtif, termasuk memudarnya sikap nasionalisme.

Menurut Wempi, gerakan nasional ini merupakan salah satu terobosan untuk memelihara kecintaan warga negara Indonesia terhadap simbol-simbol negara.

“Semakin cinta warga negara dengan simbol negara, maka kerekatan warga dengan negara akan makin kuat, salah satunya kecintaan kepada bendera merah putih,” ujar Wempi di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Jumat 8 September 2023.

Wempi menambahkan, Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih merupakan kegiatan gotong royong. Gerakan ini bukan menekankan pada banyaknya jumlah bendera yang dibagikan, tetapi lebih pada memperkuat makna agar seluruh masyarakat Indonesia menjiwai semangat kemerdekaan.

Tak hanya itu, kegiatan ini bukan sekadar seremonial, melainkan aksi sederhana memperkuat nasionalisme melalui pengibaran bendera merah putih.

“Melalui gerakan ini, kita bisa melihat bagaimana bendera merah putih sebagai identitas, simbol, dan alat pemersatu masyarakat Indonesia akan berkibar di seluruh wilayah Indonesia,” terangnya.

Selain itu, kata Wempi, kibaran bendera merah putih di seluruh langit-langit wilayah Indonesia, akan menunjukkan kepada seluruh dunia bahwa Indonesia merupakan negara yang kuat dan memiliki rasa persatuan.

“Dengan mendongakkan kepala ke atas, terlihat kibaran merah putih yang akan menggugah jiwa nasionalisme setiap masyarakat yang melihatnya,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada stakeholder dan seluruh masyarakat Kabupaten Karo yang telah mendukung dan bekerjasama sehingga Pemerintah Kabupaten Karo sukses meraih penghargaan ini. “Penghargaan ini menjadi cerminan atas kolaborasi dan kerjasama semua pihak termasuk dengan Forkopimda Kabupaten Karo,” imbuhnya.

Selain Pemerintah Kabupaten Karo, dalam kesempatan ini Kementerian Dalam Negeri menyerahkan sebanyak 18 piagam penghargaan kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, yakni Provinsi Bengkulu, Provinsi Jambi, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Papua Barat Daya, Pemerintah Kabupaten Bulukumba.

Berikutnya, Pemerintah Kabupaten Belu, Pemerintah Kabupaten Natuna, Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara, Pemerintah Kabupaten Buol, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen, Pemerintah Kabupaten Mappi, Pemerintah Kota Semarang, Pemerintah Kota Banjar, Pemerintah Kota Tangerang, Pemerintah Kota Pekanbaru serta Pemerintah Kota Lhokseumawe. (As)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments