Upacara

Neracanews | Mandailing Natal – Ribuan warga Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal, mengikuti upacara penetapan waktu (Taptu) dan pawai obor menyambut Hari Kemerdekaan di Lapangan Merdeka Natal, Selasa (16/8/2022) malam.

Ribuan warga pun terlihat antusias mengikuti pawai obor menyambut kemerdekaan yang sudah sekitar 2 tahun di momen HUT RI ini tidak dilaksanakan. Kini kembali dilaksanakan di perayaan HUT ke-77 RI.
Pawai obor dimulai dari Lapangan Merdeka Natal, tempat upacara Taptu digelar, mengarah ke arah jalan multatuli mengelilingi kota natal.

Seketika, lautan obor menghiasi kota natal yang biasanya hanya disinari kerlap-kerlip lampu hias lapangan, perkantoran dan pertokoan. Pawai obor juga diiringi dengan alunan musik oleh personel drum band yang turut memeriahkan kegiatan tahunan tersebut.
Alunan musik lagu “Hari Merdeka” yang dibawakan personel drum band menambah semangat ratusan warga, pejabat pemerintah dan unsur Forkopimcam Natal saat mengikuti pawai obor.

Ribuan orang yang terdiri dari perwakilan Dinas, TNI-Polri dan pelajar mengikuti pawai obor dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 tingkat Kecamatan, Selasa, (16/8).

Peserta pawai obor dilepas langsung oleh Kacabjari Natal Darmadi Edison SH, MH didampingi oleh Camat M Ridho Fahlevi Lubis AP. MSi, dan unsur Forkopimcam.

Sebelum pelepasan peserta pawai obor, Kacabjari Natal menyalakan obor secara simbolis kepada 3 orang Oborindo perwakilan peserta dari unsur Polri dan TNI.

Pawai obor menyusuri jalanan utama kota natal dengan melalui start Lapangan Merdeka Natal. Rombongan peserta pawai obor diawali dengan pasukan marching band dilanjutkan dengan pasukan paskibra pembawa bendera, TNI, Polri, Dishub, Pol Airud, OPD, Ormas dan pelajar.

Malam Taptu dan pawai obor ini berlangsung meriah, lancar dan penuh hikmat. (Hem Surbakti)