Tempat ibadah
Medan- Selain sebagai tempat beribadah, masjid juga diharapkan dapat menjadi wadah yang dapat membawa kemakmuran bagi jamaah dan warga sekitarnya.

Hal ini disampaikan Wali Kota Medan, Bobby Nasution saat melakukan Safari Jumat ke Masjid Jami’ Hanifah di Jalan Khaidir Kelurahan Nelayan, Kecamatan Medan Labuhan, Jumat (24/12/2021).

“Masjid juga harus kita jadikan tempat untuk membicarakan kesejahteraan jamaah dan masyarakat sekitarnya,” ucap Bobby Nasution saat berbicara di hadapan jemaah usai menunaikan Salat Jumat.

Bobby Nasution mengatakan, selama ini masjid  lebih banyak digunakan hanya untuk melaksanakan kegiatan ibadah salat dan pengajian, padahal dapat difungsikan untuk seluruh kegiatan masyarakat antara lain kegiatan sosial, ekonomi, politik maupun lainnya sebagaimana zaman Rasulullah dulu.

“Dengan demikian masjid dapat membawa kemakmuran bagi jamaah dan warga sekitarnya,”.

Masjid, lanjut Bobby Nasution, harus dapat jadikan sebagai  tempat  untuk membangkitkan perekonomian masyarakat berbasis syariah. Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut,  warga sekitar, terutama kaum ibu akan dibina sehingga nantinya dapat berusaha guna membantu suami mereka yang mencari nafkah sebagai nelayan.

“Saya minta Dinas Koperasi dan UMKM bekerjasama dengan BKM Masjid Jami’ Hanifah untuk membina kaum ibu di sekitar masjid ini. Setelah dibina, berikan bantuan modal sehingga ibu-ibu dapat berusaha. Nanti saya akan datang kembali untuk melihat perkembangan usaha yang dilakukan,” kata Bobby Nasution.

Sebagai langkah awal, Bobby Nasution, selanjutnya memberikan akte notaris untuk pendirian koperasi Masjid Jami’ Hanifah. Untuk mendorong  koperasi  berkembang, diberikan pula bantuan dua unit steling untuk berjualan.

“Kita harapkan koperasi berjalan sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian jamaah dan warga sekitar masjid.  Dengan demikian tidak  kita dengar warga sekitar masjid yang tidak makan atau anak-anaknya tidak sekolah karena tidak memiliki uang,” tegasnya.

Didampingi sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, Bobby Nasution selanjutnya mengungkapkan, dirinya tidak asing  dengan Masjid Jami’ Hanifah. Sebab, masjid itu didirikan almarhum ayahandanya dan telah diwakafkan kepada warga.

Pada  kesempatan itu Bobby juga menyerahkan bantuan sebesar Rp. 50 juta untuk kemakmuran Masjid Jami’ Hanifah. Kemudian memberikan bantuan 2.500 judul buku untuk perpustakaan digital yang dapat dimanfaatkan warga sekitar, terutama anak-anak, untuk menambah wawasan dan pengetahuan mereka. (Afs)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini