Minggu, Mei 19, 2024
BerandaPendidikanKorwil XVI Dinas Pendidikan Kecamatan Natal Bersama Forkopimcam Peringati Hardiknas 2024

Korwil XVI Dinas Pendidikan Kecamatan Natal Bersama Forkopimcam Peringati Hardiknas 2024

Neracanews | Mandailing Natal – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang selalu diperingati setiap tahunnya setiap tanggal 2 Mei kembali diperingati dengan melaksanakan Upacara Bendera di Lapangan Merdeka Natal pada Kamis, 02/05/2024.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Hardiknas dipimpin oleh Camat Natal, Mulia Gading S.E dan Komandan upacara Imran Nasution, S.Pd, M.M (guru di SMAN 1 Natal) serta diikuti Korwil XVI Dinas Pendidikan Kecamatan Natal, Irawardi S.Pd bersama perwakilan insan pendidikan, di antaranya perwakilan peserta didik tingkat TK/Paud, Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA),  kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan di seluruh wilayah Kecamatan Natal.

Pada kesempatan itu, Camat Natal membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim. Dalam pidatonya, lima tahun terakhir adalah waktu mengesankan dalam perjalanan Kemendikbudristek menjadi pemimpin dari gerakan merdeka belajar yang semakin menyadarkan seputar tantangan dan kesempatan dimiliki untuk memajukan pendidikan Indonesia

Camat Natal Pimpin Upacara Bendera Peringatan Hardiknas 2024 di Lapangan Merdeka Natal

Camat memaparkan, anak Indonesia saat ini sudah berani bermimpi karena merasakan merdeka saat belajar di kelas. Guru berani mencoba hal-hal yang baru karena mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid.

Lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas pemimpin gerakan Merdeka belajar. Namun, lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan menyeluruh. Perubahan telah berjalan menuju arah yang benar, paparnya.

“Tugas kita belum selesai, semua yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai gerakan berkelanjutan, semua yang sudah dibayangkan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang dicita-citakan,” tuturnya.

Sambung Camat, Mendikbudristek, juga menyampaikan ucapan terima kasih atas perjuangan tenaga pendidik perubahan yang telah menunaikan tugas dengan penuh harapan untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan.

“Saya ucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional. Mari terus bergotong-royong dan melanjutkan gerakan Merdeka belajar,” tandasnya.

Turut hadir dalam peringatan Hardiknas tersebut, Kacabjari Madina di Natal Darmadi Edison, S.H, M.H, Danramil 17 Natal Letda Chb Elman, mewakili Kapolsek Natal, mewakili DanPos AL, mewakili Kasat Pol Air, Kepala KUA Natal, Kepala MAN 2 Madina Armansyah, S.Pd.I, M.Pd, Kepala SMKN 1 Natal Helda Syari, S.Pd, mewakili Kepala SMAN 1 Natal, Kepala sekolah setingkat SMP, SD dan Kepala TK/Paud se-Korwil Dinas Pendidikan XVI Kecamatan Natal serta para tamu undangan lainnya.

Sementara itu, Koordinator Wilayah XVI (Korwil XVI) Dinas Pendidikan Mandailing Natal (Madina) Irawardi, S.Pd saat dijumpai usai upacara menyampaikan bahwa tema Hardiknas tahun 2024 adalah “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”. Bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2024, Kemendikbudristek juga mencanangkan bulan Mei tahun 2024 sebagai Bulan Merdeka Belajar.

“Dengan momentum Hardiknas ini, saya berpesan agar para pendidik atau tenaga pengajar dapat selalu terus meningkatkan kompetensi dan wawasan. Upgrade pola mengajar, jangan monoton. Dalam program Merdeka Belajar, pendidik juga dituntut agar selalu update dengan multimedia serta wajib melek teknologi,” ucap Irawardi, S.Pd.

Selain itu kata Irawardi, Merdeka Belajar bertujuan memberikan kebebasan dan ekspresi bagi murid atau siswa.

“Merdeka Belajar ini merupakan gagasan bapak Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi kita. Hal ini merupakan konsep pendekatan yang dilakukan supaya siswa bisa memilih pelajaran yang diminati. Hal ini dialakukan agar para siswa bisa mengoptimalkan bakatnya dan bisa memberikan sumbangan yang paling baik dalam berkarya bagi bangsa,” pungkasnya. (Hem Surbakti)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments