Minggu, April 28, 2024
BerandaPeristiwaPotensi Hujan Ekstrem Malam Ini, DKI hingga Jateng Waspada Banjir!

Potensi Hujan Ekstrem Malam Ini, DKI hingga Jateng Waspada Banjir!

Jakarta- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkap adanya fenomena siklon tropis yang bisa berdampak pada hujan lebat hingga ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia. BMKG meminta masyarakat di DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, hingga Jawa Barat waspada terkait potensi hujan ekstrem yang terjadi mulai malam ini hingga besok.

“Siklon tropis itu yang perlu diwaspadai karena dapat berdampak secara tidak langsung mengakibatkan intensitas hujan lebat hingga ekstrem, ekstrem di sini lebih dari 150 mm per jam,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam siaran pers yang disiarkan langsung di akun YouTube BMKG sekitar pukul 17.00 WIB, Rabu (24/2/2021).

Dwikorita mengatakan hujan lebat hingga ekstrem akibat siklon tropis ini akan terjadi mulai malam hari nanti. Kondisi hujan ekstrem ini diprediksi akan berlangsung hingga Kamis (25/2) besok.

“Yang perlu diwaspadai dampak ini tidak terbatas terjadi di Jabodetabek saja, tetapi dampak ini hampir merata atau merata terutama di Banten, yaitu statusnya siaga banjir atau banjir bandang. Kemudian DKI Jakarta juga statusnya siaga mulai 25 Februari, mulai tanggal 25 Februari berarti besok, dan hujan lebat, hujan intensitas lebat dan ekstrem diprediksi akan mulai malam ini dan dini hari dan dapat secara menerus selama beberapa jam hingga besok malam,” ucapnya.

“Jadi saya ulangi, dampak ini dapat berupa hujan lebat hingga ekstrem yang mulai turun malam hari atau dini hari nanti pukul 00.00 WIB, dan berlanjut beberapa jam hingga besok pagi dan masih menerus siang, sore, dan sampai malam hari, sehingga yang dikhawatirkan adalah intensitas lebat dan ekstrem dan menerusnya dari dini hari sampai besok malam hari,” sambung Dwikorita.

Dwikorita mengatakan wilayah yang terdampak hujan lebat hingga ekstrem, yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, hingga Jawa Tengah. Masyarakat di wilayah tersebut diminta untuk waspada dengan potensi banjir.

“Yang terdampak tidak hanya DKI Jakarta, tetapi serempak ini Banten siaga banjir, DKI Jakarta siaga banjir, Jawa Barat siaga banjir, banjir bandang, Jawa Tengah siaga banjir, banjir bandang,” ujar Dwikorita.
Sumber Detik.com

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments