Pemuda Mandailing

Neracanews | Mandailing Natal – Ikatan Pemuda Mandailing dan Kelompok Literasi Sejarah Mandailing secara swadaya mengecat ulang tiga tugu kemerdekaan yang ada di Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal, Kamis (11/8/2022).

Presiden Ikatan Pemuda Mandailing (IPM) Tan Gozali mengatakan, Pengecatan ini sebagai bentuk teguran bagi Pemerintah yang dinilai apatis.

Tiga Tugu yang dimaksud adalah Tugu Perintis Kemerdekaan, Tugu Pahlawan dan Tugu Bendera. Para pemuda ini juga memperjelas cat pada ukiran marmer yang terdapat di Tugu Perintis Kemerdekaan.

Tugu Perintis tepat berada di depan Pesanggrahan Kotanopan, tempat di mana dahulu Presiden RI pertama, Soekarno berpidato mengajak para pahlawan bersatu menghadap Belanda yang melakukan agresi.

“Setelah pengecatan ulang ini. Semoga ke depan menggugah pemerintah mengalokasikan anggarannya untuk renovasi tiga tugu,” kata Tan Gozali sebagai Presiden Ikatan Pemuda Mandailing dan Yusril Mahendra Parinduri dari Kelompok Literasi Sejarah.

Selain tugu, sebagai kota pahlawan, di kecamatan Kotanopan juga terdapat rumah Jenderal Besar Abdul Haris Nasution, serta berbagai tempat bersejarah lainnya.

“Untuk itu, kita sangat berharap ini diperhatikan bersama oleh Pemerintah atau TNI AD. Kita juga ingin ada museum di Kotanopan, untuk fasilitas pembelajaran pada generasi,” kata Tan. (Hem Surbakti)