Selasa, Juli 23, 2024
BerandaPemerintahPemasyarakatan Sehat, LPKA Palu Bersinergi dengan Puskesmas Bulili Gelar Penyuluhan PHBS bagi...

Pemasyarakatan Sehat, LPKA Palu Bersinergi dengan Puskesmas Bulili Gelar Penyuluhan PHBS bagi Anak Binaan

Palu – Terus berupaya menjamin Kesehatan yang optimal sesuai hidup bersih dan sehat baik fisik dan mental, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah (Sulteng) bekerja sama dengan Puskesmas Bulili Kota Palu menggelar Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi seluruh anak binaan dalam rangka peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 Tahun, Rabu, (17/4) Pagi.

Pada kesempatan itu, petugas Kesehatan LPKA Palu bersama tim Puskesmas Bulili melakukan penyuluhan PHBS kepada 18 orang anak binaan.

Terpusat di Aula Terbuka, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun, Kepala Seksi Pembinaan, Ida Bagus Kade D.W, Kasubsi Perawatan, John Adrianto, Kasubsi Pendidikan dan Bimkemas, Henny, Perawat LPKA Palu, serta narasumber yang dihadirkan yaitu dr. Gerald.

Dalam pemaparannya, dr.Gerald menjelaskan PHBS merupakan bentuk perwujudkan orientasi hidup sehat dalam budaya perorangan, keluarga, dan masyarakat. Secara umum terutama bagi anak binaan agar wajib menjaga kebersihan mulut, gigi, tangan dan kulit setelah beraktivitas.

“Salah satu cara menjaga pola hidup sehat adalah rajin mencuci tangan dengan baik dan benar serta memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar,” jelas dr.Gerald.

“Hari ini kita tekankan untuk memperdalam enam Langkah cuci tangan yang benar, saya harap anak-anak disini dapat menerapkan hal ini dengan baik,” tambahnya.

Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan, memelihara, dan melindungi Kesehatan secara fisik, mental, spiritual, maupun sosial bagi para anak binaan agar menjadi generasi muda yang sehat dan Tangguh.

Pada kesempatan ini, Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun berharap seluruh anak binaan dapat mengenali dan mengatasi masalah sendiri dan dapat menerapkan cara-cara hidup sehat dengan menjaga, memelihara dan meningkatkan kesehatannya.

“Hal tersebut penting untuk dilakukan, mulai dari sejak dini, perlu adanya kesadaran dari dalam diri. Dan tentu hal ini menjadi poin utama kita untuk memberikan penguatan serta penyuluhan seperti ini,” harap Revanda.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar mengatakan, hal ini merupakan kegiatan serentak yang dilakukan oleh Kanwil dan Unit Pelaksanaan Teknis di seluruh Indonesia dalam rangka menyambut perayaan HBP ke-60.

“Adapun rangkaian Pemasyarakatn sehat salah satunya dengan menggelar penyuluhan PHBS kepada warga binaan maupun anak binaan yang berada di Lapas/Rutan/LPKA. Tentu dengan melakukan kolaborasi bersama stakeholder terkait sepoerti Dinas Kesehatan ataupun Puskesmas. Sehat itu baik, mari kita terapkan budaya baik itu,” pungkas Kakanwil Hermansyah.(Rel)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments