Rabu, Mei 8, 2024
BerandaPemerintahDua Puskesmas di Kecamatan Natal Gelar Lokakarya Mini Lintas Sektoral Serentak

Dua Puskesmas di Kecamatan Natal Gelar Lokakarya Mini Lintas Sektoral Serentak

Neracanews | Mandailing Natal – Dua Puskesmas di wilayah Natal yakni Puskesmas Patiluban Mudik dan Puskesmas Sikara-kara mengadakan “Lokakarya Mini Lintas Sektoral & Penggalangan Komitmen Eksternal” di Aula Kantor Camat Nata pada Senin, (08/08/2022).

Pembukaan kegiatan dimulai dari sambutan Kepala Puskesmas Sikara-kara, Winni Wahyuni, S.Km. Dalam sambutannya mewakili Puskesmas Winni menyampaikan mohon kerjasama yang baik dengan Pemerintahan Desa dan Kelurahan dalam hal pelayanan kesehatan. Beliau juga menyampaikan agar dapat mendukung proses akreditasi yang akan dihadapi.

Sambutan dilanjutkan oleh Camat Natal, M.Ridho Fahlevi Lubis, A.P, M.Si. Beliau menyampaikan pentingnya keharmonisan di lingkungan Lintas sektoral yang harus ditingkatkan.

“Jangan sampai komunikasi dan koordinasi sampai tersumbat, terutama di bidang pelayanan kesehatan ditingkat masyarakat” papar M.Ridho Fahlevi Lubis, A.P, M.Si.

Lebih lanjut beliau memberi pesan agar Nakes (Tenaga Kesehatan) dalam hal ini Bidan Desa agar lebih terasa peranannya di masyarakat.

Hal ini disahuti oleh pihak Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Kabid Yankes Asnidar Marbun, M.Kes. Beliau membenarkan tentang pentingnya koordinasi dan membangun komunikasi lintas sektoral.

“Kita harapkan rekan-rekan Nakes kita bisa observasi keadaan kesehatan Keluarga di masyarakat,” ujar Asnidar

Kabid Yankes ini juga memberikan penjelasan tentang pencapaian indeks kesehatan masyarakat di wilayah Kecamatan Natal. Beliau juga menyinggung tentang usulan JKN bagi keluarga kurang mampu dari Pemerintahan Desa ke Puskesmas wilayah masing-masing.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi pencapaian tentang persentase kesehatan lingkungan, Imunisasi, Posyandu, KIA dan lainnya oleh kedua Puskesmas.

Acara yang dimulai pukul 10.00 Wib ini ditutup dengan penyatuan komitmen Eksternal (lintas sektoral). Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Natal M.Ridho Fahlevi Lubis, A.P, M.S.i, Kabid Yankes Dinas Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal Asnidar Marbun, M.Kes, dr. Nondang, Kepala Puskesmas Sikara-kara Winni Wahyuni, S.Km, Kepala Puskesmas Patiluban Mudik Nadrah Lubis, S.Km, Kapolsek Natal AKP. Ayub Nasution, Kaur Pembinaan Cabjari Elli, mewakili Koramil 17 Natal, Lurah Pasar I Asrul Sani, Lurah Pasar II Balia Sakti, S.Sos, Kepala Desa dan Perangkat Desa se-Kecamatan Natal. (Hem Surbakti)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments