Minggu, Mei 19, 2024
BerandaPemerintahProgram Jaksa Garda Desa, Cabjari Madina di Natal Laksanakan Secara Terbuka

Program Jaksa Garda Desa, Cabjari Madina di Natal Laksanakan Secara Terbuka

Neracanews | Mandailing Natal – Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Mandailing Natal (Madina) di Natal melaksanakan program “Jaga Desa” atau yang dikenal juga dengan sebutan Jaksa Garda Desa.

Cabjari yang menaungi wilayah hukum 7 (tujuh) Kecamatan ini melaksanakan kegiatan tersebut di Balai Pertemuan Desa Kampung Sawah, Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara pada Rabu (20/9/2023).

Acara Sosialisasi sekaligus penyuluhan “Jaga Desa” ini dibuka oleh Camat Natal, Ali Sahbana Nasution, S.P.

Berkesempatan sebagai narasumber dalam kegiatan sosialisasi Jaksa Garda Desa, Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Mandailing Natal Darmadi Edison, S.H, M.H.

Dalam pemaparannya, Darmadi menjelaskan apa itu program Jaksa Garda Desa. Program yang didukung dengan dasar hukum Instruksi Jaksa Agung (INSJA) Nomor 5 Tahun 2023 tentang Membangun Kesadaran Hukum dari Desa melalui Program Jaga Desa. Diharapkan melalui program ini, kesadaran hukum bisa ditingkatkan mulai dari masyarakat desa.

“Kenali hukum, hindari hukuman,” ucap Kacabjari Madina ini disela-sela pemaparannya.

Lebih lanjut dirinya juga memaparkan masalah tentang Bahaya Narkoba serta jerat hukum yang mengancam para pengguna maupun pengedarnya.

Kegiatan yang dihadiri oleh perangkat-perangkat desa se-Kecamatan Natal ini berlangsung lancar dimulai sekira pukul 10.00 Wib dengan bekerjasama dengan IKADES (Ikatan Kepala Desa) Kecamatan Natal.

Sementara itu, ditempat yang sama, Ketua IKADES Arianto menyampaikan apresiasi nya kepada pihak Cabjari Madina di Natal yang telah memberikan pemaparan lugas dan mudah dicerna.

Untuk diketahui, sehari sebelumnya juga dilaksanakan kegiatan Penyuluhan Hukum digelar oleh Polsek Natal di Desa Sikarakara II dan hari ke dua program Wawasan Kebangsaan oleh pihak Koramil 17 Natal di Desa Taluk dan hari ke tiga di laksanakan program Jaksa Garda Desa di Desa Kampung Sawah yang didukung oleh IKADES Kecamatan Natal.

Kegiatan ini dilakukan selama tiga hari berturut-turut dengan secara terbuka. (Hem Surbakti)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments