Jumat, April 26, 2024
BerandaPemerintahMTQ ke 22 Tingkat Kabupaten Madina Resmi Dibuka, 436 Peserta Ikut Ambil...

MTQ ke 22 Tingkat Kabupaten Madina Resmi Dibuka, 436 Peserta Ikut Ambil Bagian

Neracanews | Mandailing Natal – Musabaqoh Tilawatil Qur’an dan Hadits ke-22 tingkat Kabupaten Mandailing Natal (Madina) resmi dibuka. Senin, (27/2/2023) malam.

Sebanyak 436 peserta dari tiap Kecamatan ikut ambil bagian. Kegiatan musabaqoh tilawatil qur’an akan dilaksanakan selama tiga hari mulai dari tanggal 27 Februari sampai 2 Maret 2023.

Sedangkan cabang yang diperlombakan antara lain, cabang hifsul qur’an, tilawatil qur’an, tafsir qur’an, dan cabang hadist nabi.

Asisten III Setdakab Madina Sahnan Pasaribu dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini sebagai ajang mempersiapkan khafilah Madina untuk mengikuti seleksi tilawatil Quran dan Hadis tingkat Provinsi Sumut tahun 2023 yang akan dilaksanakan akhir bulan Mei di Kabupaten Padang Lawas.

Selain itu juga untuk meningkatkan kecintaan masyarakat hususnya generasi muda mendalami menghayati dan mengamalkan isi al-qur’an dan menjadikan sebagai pedoman hidup.

“Ini juga sebagai upaya mewujudkan generasi muda yang qur’ani, relegius dan berahklakul karimah, dan ajang silatrurrahmi Pemkab Madina, Forkopimda, pimpinan Ormas, lemaga masyarakat dan majelis taklim,” kata Sahnan.

Sekretaris Daerah Madina Alumulhaq Daulay pada saat pembukaan kegiatan tersebut menyampaikan, alqur’an merupakan kitab suci yang sarat dengan inspirasi dan motivasi agar ummat manusia bisa memperluas wawasan, memperdalam ilmu pengetahuan, dan menyempurnakan ahlak serta menciptakan generasi yang berahlakul karimah.

“Salah satu upaya ummat islam dalam menjadikan alqur’an berfungsi demikian dengan melaksanakan MTQ, selain sebagai ajang meraih prestasi, juga bertujuan mensiarkan agam islam secara luas,” kata Alamulhaq.

Tujuan MTQ ini, kata Alamulhaq sebagai prestasi namun lebih utama lagi dalah siar dan dakwah bagaimana membumikan alquran, dan menjadikan Alqur’an sebagai nafas, sebagai pegangan hidup yang hakiki, dan keperibadian.

Selain itu, Alamulhaq berharap agar hakekat dan makna pada MTQ ini dapat dipegang teguh sehingga alqur’an benar benar dapat diresapi, dihayat dan diamalkan dalam kehidupan sehari hari.

“Kami menghimbau agar MTQ ini benar benar dijadikan sebagai filter penyaringan berbagai dampak negatif kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak seauai dengan kandungan Alqur’an,” katanya. (Hem Surbakti)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments