Kamis, Mei 2, 2024
BerandaDaerahBupati Karo Cory Sriwaty Sebayang Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi Secara Virtual

Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi Secara Virtual

Karo – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Karo melakukan kegiatan monitoring langsung ke lapangan untuk mengecek harga dan ketersediaan beras di Pusat Pasar Kabanjahe, Kabupaten Karo, Kamis (31/08/2023).

Kegiatan ini dilakukan untuk memonitor dan menganalisis pergerakan harga di pasar, serta melakukan tindakan-tindakan preventif dan korektif untuk mengendalikan harga beras.

Dari hasil pantauan dilapangan, ditemukan kenaikan harga beras. Monitoring harga beras dipimpin langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Karo, Drs. Dapatkita Sinulingga.

Untuk mengantisipasi kenaikan harga tersebut, Bulog bersama dengan Pemerintah Kabupaten Karo kedepannya akan melakukan perluasan jaringan mitra baru Bulog di Kabupaten Karo.

Ikut serta dalam monitoring tersebut, Kepala Bulog KCP Kabanjahe, Eko Kumboro, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Karo, Hendrik Philemon Tarigan, Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan, Sarjana Purba.

Pada hari yang sama, di ruang Karo Command Center, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang bersama dengan Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Karo mengikuti secara virtual Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2023 bertempat di Istana Negara, Jakarta.

Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2023 dipimpin langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo. Tema utama Rakornas tahun ini adalah “Memperkuat Sinergi dan Inovasi untuk Stabilisasi Harga Menuju Ketahanan Pangan Nasional yang Berkelanjutan”.

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi adalah pertemuan tingkat nasional tahunan yang berkaitan dengan koordinasi pengendalian inflasi. Pertemuan ini diinisiasi oleh Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) dan didukung oleh 542 Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Bank Indonesia dan Pemerintah (Pusat dan Daerah) bekerja sama melalui TPIP dan TPID untuk menjaga agar harga-harga tetap stabil dan mencapai target inflasi nasional, meskipun sedang menghadapi kemiskinan pada berbagai risiko inflasi dan tantangan terkait ketahanan pangan. (As)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments