Minggu, Juni 23, 2024
BerandaDaerahBupati Karo Cory Sriwaty Sebayang Buka Secara Resmi Lomba Rumah Sehat

Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang Buka Secara Resmi Lomba Rumah Sehat

Karo – Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang bersama Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting buka acara Lomba Rumah Sehat di Kabupaten Karo Tahun 2023 yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Karo, Selasa (29/08/2023).

Lomba Rumah Sehat ini merupakan media untuk mendorong masyarakat dalam meningkatkan kondisi rumah dan kondisi hidup yang lebih baik, serta untuk mengedukasi masyarakat dalam meningkatkan kondisi rumah yang sehat untuk setiap keluarga.

Lomba Rumah Sehat ini bertujuan untuk meningkatkan praktik kebersihan di tingkat rumah tangga dengan tekanan pada tim kerjasama dalam keluarga dan masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang menyampaikan bahwa berdasarkan data yang diperoleh, Kabupaten Karo hanya memiliki 17,7% yang terdata melakukan pola hidup bersih dan sehat.

“Lomba ini tidak hanya untuk menilai perilaku masyarakat tentang kebersihan, tetapi juga untuk mempromosikan praktik kebersihan serta kerja sama antar suami, istri dan anak dalam menjaga kebersihan rumah dan lingkungannya, juga memberi penghargaan kepada keluarga dan masyarakat dalam mempraktekkan kebersihan dan kesehatan,” ungkap bupati karo.

“Perlu kami sampaikan bahwa, dengan kerjasama yang baik dari masyarakat dan pemerintah desa, dukungan kecamatan serta komitmen kuat pemerintah daerah, kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan harapan kita bersama,” lanjut bupati karo.

Bupati Karo berharap kedepannya seluruh masyarakat dapat mewujudkan rumah sehat diseluruh Kabupaten Karo. Selain itu Bupati Karo juga menelepon seluruh Camat dan Kepala Desa untuk tetap dan lebih meningkatkan kegiatan gotong royong setiap hari jumat.

Lomba ini bekerja sama dengan berbagai pihak, baik dari pemerintah Kabupaten Karo, termasuk Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup, Bappedalitbang, DPMD, DP3AP2KB, dan Kecamatan serta didukung dari berbagai Sektor Swasta, dengan memahami bahwa semakin banyak pemangku kepentingan yang terlibat, semakin luas cakupan audiens dan potensi kolaborasi praktik kebersihan Kabupaten Karo.

Acara pembukaan seusai ini dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis peralatan kebersihan dan plakat untuk 6 desa yang melaksanakan program MECIHO. Program MECIHO ini bertujuan untuk secara langsung memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kesehatan, kebersihan dan kondisi kehidupan rumah tangga di masyarakat Karo.

Program ini dilaksanakan di 3 Kecamatan pada 6 Desa di Kabupaten Karo yakni Desa Nangbelawan dan Desa Ndokum Siroga (Kecamatan Simpang Empat), Desa Jaranguda dan Desa Cinta Rakyat (Kecamatan Merdeka), Desa Tanjung Barus dan Desa Sarimanis (Kecamatan Barusjahe).

Turut hadir, Direktur Program Corus, Evi Esaly Kaban, Fasilitator Distrik USAID ERAT, Winda Sitepu dan para Camat Se Kabupaten Karo serta tamu undangan lainnya. (As)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments