Sabtu, Mei 4, 2024
BerandaPemerintahBupati Karo Cory Sebayang Hadiri Peresmian Patung Letjend Djamin Ginting di Medan

Bupati Karo Cory Sebayang Hadiri Peresmian Patung Letjend Djamin Ginting di Medan

Karo- Bupati Karo Cory S Sebayang menghadiri peresmian Patung Letjend Djamin Ginting yang merupakan seorang pahlawan nasional RI dari Karo. Diresmikan di titik Km Nol Jalan Djamin Ginting Medan Sumatera Utara, Selasa (28/06/2022).

Peresmian patung pahlawan tersebut dilakukan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, diwakili Staf Ahli Gubernur, Binsar Situmorang, Walikota Medan, Bobby Afif Nasution, Bupati Karo Corry Sebayang serta anak-anak dan cucu dari Letjend Djamin Ginting.

Putri dari Djamin Ginting, Riahna Ginting, merasa sangat bahagia. Sebab patung ayahnya tersebut berdiri tegak di titik Km Nol Jalan Djamin Ginting Medan.

“Ini merupakan kebanggaan bagi kami dengan adanya patung tersebut. Sebab, kami memang susah payah mencari lokasi untuk didirikannya patung. Kami juga berterima kasih kepada Walikota Medan yang sudah mengizinkan patung itu berdiri di Jalan Jamin Ginting,” katanya.

Riahna menuturkan, berdirinya patung Djamin Ginting tersebut terinspirasi dari Patung Jenderal Sudirman.

Walikota Medan Bobby Nasution menyebutkan, bagaimana perjuangan anak Letjend Djamin Ginting untuk bisa menempatkan patung ayahnya.

“Kita sudah dengar perjuangan pahlawan kita ini. Bagaimana perjalanan dan kiprah pahlawan kita Djamin Ginting ini bisa dijadikan pedoman bagi kita semua, untuk menjadi penyemangat. Kami di Kota Medan akan menjaga. Baik itu dari segi fisik maupun kisahnya. Dengan melestarikannya melalui cerita perjalanannya,” terang Bobby.

Staf Ahli Gubernur Sumut, Binsar Situmorang, mewakili Gubernur Sumut, membacakan sekilas sejarah dari perjalanan karir Letjend Djamin Ginting. Mulai dari masa pergerakan hingga masa perjuangannya di negeri, khususnya Sumatera Utara.

“Di hadapan saudara-saudara telah berdiri patung Letjend Djamin Ginting. Kita mengharapkan dengan melihat patung ini tidak hanya mengenang, tapi memecut diri kita untuk meneruskan semangat beliau berjuang bagi negeri ini. Kita mengenang jasa-jasa dan sejarah Letjend Djamin Ginting,“ ujarnya. (Afs)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments