Kamis, Juli 18, 2024
BerandaPemerintahBravo, Yosefhine P. Siahaan, Putri Dairi Jadi Juara 1 Indonesia’s Girl Junior...

Bravo, Yosefhine P. Siahaan, Putri Dairi Jadi Juara 1 Indonesia’s Girl Junior Sumut 2023

DAIRI– Yosefhine Paradongan Siahaan berhasil menjadi juara 1 kategori Indonesia’s Girl Junior Sumut 2023 dalam pemilihan Putri Remaja Anak Sumut yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ekonomi Kreatif (Budparekraf) Sumatera Utara mulai tanggal 1 Mei 2023 di Kantor Gubernur Sumatera Utara sampai 2 Mei 2023 di Hotel Selecta Medan.

Informasi ini disampaikan langsung oleh Sefhine, sapaan akrabnya, saat dikunjungi redaksi dairikab.go.id, Kamis (4/5/2023) di kediamannya.

“Ada tiga kategori kejuaraan untuk tingkat anak tahun 2023 yang diperebutkan, yaitu kategori Putri Anak Indonesia Sumatera Utara, Putri Batik Anak Sumatera Utara dan Indonesia’s Girl Junior. Ada beberapa kemampuan finalis yang diuji para juri mulai karantina yaitu attitude (perilaku), performa bakat yg dimiliki peserta, speech (pidato), pengetahuan tentang budaya dan pariwisata saat wawancara, serta fashion show,” ucap Sefhine.

Untuk kategori Indonesia’s Girl Junior, kata Sefhine, lebih mengutamakan poin attitude (perilaku) gadis Indonesia yang sopan, ramah dan smart (cerdas).

“Hari pertama karantina, peserta melakukan registrasi para finalis. Setelah masuk ruangan karantina, peserta diminta untuk duduk dan bersosialisasi dengan para panitia termasuk tim dari Disbudpar Provinsi Sumatera Utara. Pada saat itulah para juri melakukan penilaian attitude para finalis. Pada malamnya, finalis diminta menampilkan bakat dan talenta masing-masing,” kata Sefhine.

Siswa yang saat ini duduk di kelas VI C SD Swasta Santo Yosef Sidikalang ini juga menjelaskan, pada acara grandfinal peserta diminta untuk mempersembahkan koreografi sebagai opening dance (tari pembuka) dan mempersembahkan fashion show dengan mengenakan pakaian etnis modern dari daerah masing-masing.

“Saat pertunjukan bakat, saya menampilkan bakat piano klasik L’ Arabesque dan menyanyikan Lagu Wajib Tanah Airku sambil bermain piano. Dari 28 peserta dilakukan penyaringan oleh juri dan akhirnya pengumuman pemenang Top 15 Putri Anak. Para Top 15 diminta untuk speech (pidato) dengan tema Aku Anak Indonesia,” ujar Sefhine.

Keberhasilan putri dari Modi Sartono Siahaan dan Marlinang Sihite dalam pemilihan Putri Remaja Anak Sumut 2023, mengantarkannya untuk menjadi perwakilan Provinsi Sumatera Utara di tingkat nasional.

“Setelah memenangkan kompetisi ini, saya menjabat sebagai Indonesia’s Girl Junior selama satu tahun ke depan. Selama 1 tahun kami memegang motto “Setahun Menjabat, Selamanya Menginspirasi”. Artinya setiap yang menjabat harus memegang teguh prinsip bahwa mahkota yang dipasangkan di kepala menjadi tugas yang memberi inspirasi bagi Putri Anak Indonesia agar memiliki 3B yaitu brain (kecerdasan), beauty (kecantikan), dan behaviour (berakhlak),” ujar Sefhine.

Lebih lanjut, gadis cantik berusia 12 tahun ini, menyampaikan harapannya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Dairi dan Provinsi Sumatera Utara untuk memberikan dukungan ke tahap selanjutnya tingkat nasional.

“Mohon doa dan dukungan dari semua Bapak/Ibu dan teman-teman dalam pemilihan Indonesia’s Girl Junior tingkat nasional, sehingga saya bisa membanggakan Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Dairi,” ucap Sefhine.

Hal yang sama juga disampaikan Modi Sartono Siahaan, ayah Sefhine, yang juga mengharapkan dukungan dari seluruh pihak.

“Saya meminta dukungan dari Pemerintah Kabupaten Dairi, terkhusus kepada Bapak Bupati Dairi Eddy Berutu dan Ibu Romy Mariani, untuk membantu anak kita Sefhine di tingkat nasional,” ujar Modi.

Atas prestasinya, Sefhine berhasil membawa pulang satu buah piala, satu crown (mahkota) Indonesia’s Girl Junior, sertifikat dan uang tunai sebesar Rp. 1.500.000. (As)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments