Minggu, Juni 23, 2024
BerandaPemerintahSiap Beroperasi, Bupati Eddy Berutu Ingin Pelabuhan Silalahi Bisa Dukung Gelaran World...

Siap Beroperasi, Bupati Eddy Berutu Ingin Pelabuhan Silalahi Bisa Dukung Gelaran World Aquabike 2023

DAIRI  – Bupati Dairi Eddy Berutu mengharapkan pelabuhan penyeberangan Silalahi, di Desa Paropo, Kecamatan Silahisabungan bisa segera beroperasi.

Ia berharap pada penyelenggaraan Aquabike World Championship 2023 yang akan digelar 23 November mendatang di Tao Silalahi, fasilitas ini sudah beroperasi guna mendukung arus transportasi pengunjung yang akan meramaikan perhelatan internasional tersebut.

Hal tersebut Ia katakan saat melakukan kunjungan ke dermaga itu, Senin (6/11/2023).

“Pelabuhan sudah siap dioperasikan. Dari hasil diskusi dengan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (KSOPP) Danau Toba, Rijaya S dan jajaran, kami ingin pelabuhan sudah diresmikan sebelum Aquabike digelar,” katanya.

Dijelaskan juga, dermaga ini nantinya akan menjadi alternatif transportasi saat digelarnya Aquabike sambil menikmati Danau Toba. “Opsinya kita ingin minggu ini segera diresmikan,” ujarnya lagi.

Perlu diketahui, dermaga yang dibangun dalam rangka mendukung kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) Danau Toba ini telah dimulai pelaksanaan pembangunannya sejak tahun 2021 oleh Kementerian Perhubungan yang bersumber dari APBN Tahun 2021 menyedot anggaran sebesar Rp 12,3 Miliar.

Pembangunan pelabuhan penyeberangan atau dermaga tersebut merupakan wujud tekad Pemkab Dairi dalam membangun sektor perhubungan khususnya di Kabupaten Dairi.

“Anggaran pembangunan pelabuhan ini merupakan usulan Pemerintah Kabupaten Dairi, di mana pelepasan tanah atau lahan pembangunan dermaga dari Pemerintah Kabupaten Dairi. Kita memperkirakan tahun ini dermaga ini segera beroperasi dan akan menjadi ikon,” katanya saat melakukan kunjungan yang didampingi asisten pemerintahan Jhony Hutasoit, Kadis Perhubungan Parulian Sihombing, Kadis LH Saut M Sinaga, dan Kadis PUTR Masaraya Berutu.

Eddy Berutu juga meminta fasilitas perhubungan tersebut harus juga memanfaatkan UMKM yang ada di Kecamatan Silahisabungan.

“Tidak hanya moda transportasi yang diperlukan, fasilitas penunjang pariwisata dan kebutuhan lain di dalamnya juga harus menjadi perhatian bersama. Pelabuhan jalan, tapi sektor pariwisata dan ekonomi rakyat seperti UMKM pun harus juga jalan. Dengan pembangunan pelabuhan ini diharapkan akan meningkatkan perekonomian masyarakat di kawasan Danau Toba dan juga akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Silalahi,” ujarnya menutup wawancara. (As)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments