Kamis, Februari 22, 2024
BerandaPendidikanPertama di Dairi, Smansasi Education Expo, Upaya Wujudkan Anak Dairi yang Kompetitif...

Pertama di Dairi, Smansasi Education Expo, Upaya Wujudkan Anak Dairi yang Kompetitif dan Berdaya Saing

DAIRI – Untuk pertama kalinya di Dairi, SMA Negeri 1 Sidikalang menggelar Olimpiade Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) Smansasi Education Expo (SEE) 2023 untuk tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Dairi, Sabtu (1/4/2023) bertempat di SMA Negeri 1 Sidikalang, Kabupaten Dairi.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sidikalang Silas Sihombing, menyampaikan kegiatan ini merupakan momentum untuk mengasah kemampuan siswa untuk mempersiapkan diri mengikuti seleksi penerimaan ke perguruan tinggi.

Disampaikan Silas, Smansasi Education Expo merupakan pembiasaan kepada siswa-siswi untuk semakin mengenal tes potensi skolastik sesuai dengan perubahan sistem penerimaan mahasiswa baru di era sekarang.

“Diharapkan siswa-siswi semakin terbiasa dalam mengerjakan soal-soal sehingga peluang untuk masuk ke perguruan tinggi semakin besar. Dengan kegiatan ini, anak-anak dapat mengukur sampai mana kemampuan mereka,” kata Silas.

Lebih lanjut, Silas juga menyampaikan Smansasi Education Expo dibuka untuk seluruh SMA/SMK sederajat se-Kabupaten Dairi, sehingga kegiatan ini dapat berdampak positif bagi seluruh pelajar yang ada di Dairi.

“Selama ini, jumlah siswa masuk ke perguruan tinggi negeri masih di dominasi oleh SMA 1 Sidikalang. Dengan kegiatan ini diharapkan akan ada diversifikasi dan diperlebar sehingga dari seluruh kecamatan yang ada di Dairi bisa masuk perguruan tinggi negeri maupun kedinasan,” ujar Silas.

Kegiatan ini, kata Silas, merupakan respon yang diberikan tenaga pendidik di SMA Negeri 1 Sidikalang untuk menghadapi perubahan yang terjadi di Indonesia, terutama dalam hal digitalisasi.

“Di Indonesia terjadi perubahan yang cepat, termasuk dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru yang sudah sistem komputer. Makanya kegiatan ini juga kita lakukan dengan sistem komputer atau handphone, sehingga nanti anak-anak terbiasa” kata Silas.

Pada kesempatan yang sama, Guru Sosiologi SMA Negeri 1 Sumbul Nova Simarmata menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan Smansasi Education Expo.

“Event ini sangat bagus, mengajari siswa untuk berkompetisi dan dapat mengukur kemampuan masing-masing. Selain itu, anak-anak juga dapat menguji mental sehingga terlahir anak-anak yang kompeten dan berdaya saing,” kata Nova.

Diharapkan, kegiatan ini akan mewujudkan visi misi Pemerintah Kabupaten Dairi yaitu Dairi Cerdas, Dairi Unggul. (As)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments