Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaPemerintahPemkab Karo Bersama Forkopimda Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Pemkab Karo Bersama Forkopimda Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Karo – Pemerintah Kabupaten Karo bersama Forkopimda melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di Halaman Kantor Bupati Karo, Minggu (01/10/2023).

Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini dipimpin oleh Inspektur Upacara Dandim 0205/TK, Letkol. Inf. Ahmad Afriyan Rangkuti.

Dalam rangkaian Upacara dibacakan juga naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila yang dikutip dari Pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 sebagaimana di lansir Kemendikbudristek.

Adapun tema yang diusung dalam Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023 adalah “Pancasila Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Maju”.

Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti mengajak seluruh masyarakat untuk terus memperkuat keharmonisan dalam keragaman.

“Kita harus senantiasa merekatkan keharmonisan dalam keragaman dan kesatuan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Dandim usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Rangkuti mengatakan, selama ini banyak hal yang bisa merenggangkan kesatuan dan persatuan di Republik Indoensia. Namun dengan ideologi Pancasila, persatuan dan kesatuan tetap dapat terus dijaga.

Ideologi Pancasila adalah harga mati, tidak bisa ditawar lagi, demi NKRI. Ini sebagai wujud kita menghargai jasa pahlawan Indonesia yang telah menumpahkan darah juga bertaruh nyawa dalam perjuangannya mempertahankan ideologi Pancasila sebagai pemersatu bangsa Indonesia,”ungkap Dandim.

Bangsa Indonesia sangat luas, terdiri dari berbagai suku, agama, adat-istiadat dan juga budaya dibandingkan negara lain. Untuk itu, Pancasila sebagai dasar negara menjadi pondasi dasar dalam mempersatukan bangsa dengan mengedepankan Bhineka Tunggal Ika.

“Jadikan Pancasila sebagai pandangan untuk mempedomani sosialisasi kita dalam berbangsa dan bernegara, dalam mengembangkan Indonesia lebih maju. Jangan pernah melupakan sejarah, karenanya dari perjuangan jasa pahlawan terdahulu tersebut manfaatnya bisa kita rasakan sampai saat ini,”pungkas Dandim 0205/TK.

Upacara turut duhadiri, Bupati Karo Corry Sriwaty Sebayang, Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting, Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman, Danyonif 125/SMB diwakili oleh Lettu Inf Zul Effendi, Panitera Pengadilan Negeri Kabanjahe Effendi, S.H, Dansub Denpom 1/2-I Berastagi Kapten Cpm Sutanto Juliardi, jajaran  OPD Pemerintah Daerah Kabupaten Karo, ASN, pelajar dan Pramuka. (As)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments