Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaPendidikanJadi Irup di SMPN 2 Sidikalang, Bupati Sampaikan Pesan Khusus

Jadi Irup di SMPN 2 Sidikalang, Bupati Sampaikan Pesan Khusus

DAIRI – Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu menjadi Inspektur Upacara (Irup) di SMP Negeri 2 Sidikalang, Senin (15/5/2023).

Dalam amanatnya, Bupati menyampaikan beberapa pesan penting kepada guru dan siswa yang mengikuti upacara.

Di antara pesan tersebut Eddy Berutu menyampaikan siswa harus senantiasa tekun belajar di tengah tantangan era digital dan teknologi yang semakin maju.

“Saat ini kita dikepung dengan perkembangan zaman yang semakin maju, teknologi artificial inteligent (AI), bahkan diprediksi peran manusia lambat laun akan digantikan oleh robot. Jika kita tidak bisa mengimbanginya, maka kita akan semakin tertinggal jauh,” katanya.

Namun, kata Bupati kemudian, kemajuan teknologi ini juga harus diimbangi dengan keimanan dan ketaqwaan. Dia mengatakan siswa juga untuk tidak meninggalkan budi pekerti luhur yang kita peroleh dari para guru dan orangtua.

Eddy Berutu juga mengajak siswa bijak dalam penggunaan gadget, jangan pula menyebarkan pesan yang tidak berguna.

“Anak-anakku rajinlah belajar, laksanakan pedoman ora et labora (red: bekerja dan berdoa), walau saat ini terjadi pergeseran nilai, kita harus memupuk nilai-nilai yang tercipta dalam keluarga, jangan hanya mengandalkan kekuatanmu saja. Kita perlu tampil jadi pribadi yang beriman dan berprestasi,” ujarnya lagi.

Pesan lain yang tidak kalah pentingnya adalah perlunya menjaga kesehatan. Kesehatan, menurut Bupati, bukan saja hanya kesehatan fisik yang bugar, namun menghindari atau menjauhkan diri dari sesuatu yang membahayakan kesehatan seperti bahaya laten narkoba.

“Catatan khusus berikutnya adalah anak-anakku harus membawa nama baik keluarga, namun tetap jaga kesehatan. Jauhilah kebiasaan buruk yang berisiko mengganggu kesehatan seperti narkoba. Ini musuh kita bersama. Katakan tidak pada narkoba, tanpa kesehatan yang prima, cita-cita yang tinggi tidak mungkin kita capai,” katanya mengakhiri amanat.

Hadir juga dalam upacara ini, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi Fatimah Boang Manalu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi Henry Manik, Camat Sidikalang Swanto Sitakar, Kepsek SMPN 2 Rianto O.Purba.Spd, para guru, dan tenaga pengajar. (As)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments