Senin, April 22, 2024
BerandaBreaking NewsAnak Sungai Aek Guo di Simpang Gambir Meluap Genangi Ratusan Pemukiman Warga

Anak Sungai Aek Guo di Simpang Gambir Meluap Genangi Ratusan Pemukiman Warga

Neracanews | Mandailing Natal – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Lingga Bayu hampir 1 jam tanpa henti membuat aliran sungai Aek Guo di Lorong 4 Kelurahan Simpang Gambir meluap. Selasa, 20/02/2024.

Akibat luapan anak sungai tersebut, pemukiman warga kelurahan simpang gambir lorong 4 tergenang. Memang di lorong 4 ini tepatnya ada anak sungai Aek Guo namanya yang langsung bermuara ke sungai Batang Natal. Lorong 4 ini sudah menjadi langganan banjir jika hujan deras sampai berjam-jam dan membuat ratusan rumah daerah tersebut terendam luapan anak sungai sehingga membuat warga tidak tenang tetap selalu siaga untuk menyelamatkan isi yang ada dalam rumahnya.

Mansirin, salah seorang warga yang terdampak luapan anak sungai aek guo menyampaikan, kami masyarakat kelurahan simpanggambir khususnya lorong 4 ini yang selalu terdampak luapan anak sungai bila hujan tiba.

Kami masyarakat lorong 4 bermohon kepada pemerintah setempat untuk mengatasi permasalah ini, dimana jika hujan deras dan awet maka akan terjadi luapan sungai menggenangi pemukiman warga karena debet air yang masuk tidak sebanding dengan yang keluar, ujarnya.

Untuk itu kami sangat berharap kepada pemerintah setempat agar melaksanakan pengerukan anak sungai Aek Guo ini, karena kalo kita lihat sudah dangkal dan banyak sampah.

Sampah-sampah tersebut menghambat aliran anak sungai untuk mengalir ke sungai batang natal, jadi perlu adanya pengerukan menggunakan alat berat excavator (beko) dan sejenisnya supaya aliran anak sungai melebar dan bersih dari sampah sehingga dapat mengurangi luapan ke pemukiman masyarakat pungkasnya. (Hem Surbakti)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments