Senin, Mei 27, 2024
BerandaKesehatanTBC Bisa Cepat Sembuh, Ini Kata Wamenkes RI

TBC Bisa Cepat Sembuh, Ini Kata Wamenkes RI

MEDAN – Tingginya angka kematian akibat Tbc, di soroti kemeterian kesehatan Republik Indonesia melalui Wamenkes RI.

“Dalam satu jam ada sebelas kematian akibat Tbc di indonesia,” sebut Wamenkes RI Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono, saat konferensi Pers pada acara Peluncuran Nasional United States Agency for International Development (Usaid) bebas Tb, di Grand City Hotel Medan, Rabu (1/11/2023).

Wamenkes mengatakan bahwa saat ini Kemenkes telah bekerjasama dengan Usaid, untuk mengatasi permasalahan kesehatan di Indonesia, dalam hal mengenai penyakit Tbc.

“Selama ini, untuk mengobati penyakit Tbc, butuh waktu yang panjang. Kini satu bulan pasien makan obat sudah tidak menular lagi dan tiga bulan sudah bisa sembuh,” sebutnya.

Wamenkes berharap apabila ada menemukan seseorang yang mengidap penyakit Tbc, agar memotifasi dan mengedukasi untuk berobat, sehingga sipenderita Tbc itu bisa sembuh.

“kita minta media untuk melakukan edukasi kepada masyarakat,” pintanya.

Usaid bebas Tb merupakan kegiatan unggulan Usaid dalam hal meningkatkan kualitas deteksi, diagnosis, perawatan, dan pencegahan penyakit Tbc, dengan solusi inovatif agar kolaboratif memajukan penanganan Tbc.

Kini telah bekerja di 4 provinsi padat penduduk dengan beban Tbc tinggi yaitu, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Acara peluncuran Usaid bebas Tb, dihadiri oleh Direktur Usaid Indonesia Jeff Cohen, Kadis kesehatan Alwi mujahit Hasibuan, dan beberapa tamu undangan lainnya. (ps)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments