Minggu, Mei 19, 2024
BerandaPemerintahSemarak Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60, LPKA Palu dan Puskesmas bersama FK...

Semarak Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60, LPKA Palu dan Puskesmas bersama FK Untad Gelar Aksi Kebersihan

Palu – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu Kantor Wilayah ([Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah (Sulteng) bekerja sama dengan Puskesmas Bulili Kota Palu dan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Tadulako (Untad) menggelar aksi pemasyarakatan bersih-bersih, Kamis, (18/4) Pagi. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 Tahun 2024 yang bertajuk “Pemasyarakatan PASTI Berdampak”.

Terlihat dalam pelaksanaannya seluruh petugas dan anak binaan bergotong royong membersihkan area lingkungan LPKA Palu yang juga turut diawasi oleh tim Puskesmas Bulili dan dua orang Dokter Muda FK Untad.

Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan Kesehatan lingkungan, sehingga menciptakan kondisi yang lebih nyaman dan bersih bagi para anak binaan dan juga petugas.

“Selain memperingati HBP ke-60, hal ini merupakan implementasi nyata yang kita bangun dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih. Kita juga turut didampingi dan diawasi oleh teman-teman Puskesmas Bulili dan para dokter muda dari FK Untad,” jelas Revanda.

Selanjutnya, Revanda mengatakan keterlibatan Puskesmas Bulili dan FK Untad merupakan komitmen LPKA Palu dalam memberikan pelayanan Kesehatan prima yang juga merupakan penerapan Pemasyarakatan PASTI Berdampak. “Tata nilai PASTI yaitu, Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif harus diterapkan dengan benar serta Berdampak merupakan hasil kerja yang memiliki pengaruh kuat untuk dirasakan langsung oleh penerima manfaat yakni para anak binaan dan masyarakat luas,” kata Revanda.

Adapun area yang menjadi fokus pembersihan kali ini, yaitu drainase, area MCK (mandi, cuci,kakus), kamar hunian anak binaan, Tempat Sampah, dapur, dan area perkantoran.

Sementara itu, Alifka salah seorang dokter muda FK untad mengungkapkan dalam penerapan pola hidup sehat harus didukung dengan lingkungan yang bersih. “Kami hadir untuk saling mengingatkan pentingnya menjaga lingkungan yang bersih, terlihat LPKA Palu sudah menerapkan hal itu dengan baik,” ungkap Alifka.

Di tempat terpisah, Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar memberikan apresiasi dan semangat untuk jajaran LPKA Palu yang telah menunjukan komitmen dalam penerapan hidup sehat bagi pegawai dan anak binannya.

“Hal ini merupakan lanjutan dari kegiatan Pemasyarakatan Sehat, dimana sehari sebelumnya telah dilakukan penyuluhan kesehatan dan hari ini dilaksanakan bersih-bersih. Yang diperlihatkan LPKA Palu sangat baik, sudah menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak yakni Puskesmas Bulili dan FK Untad,”pungkas Kakanwil Hermansyah.(Rel)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments