Senin, Mei 27, 2024
BerandaDaerahPatroli Skala Besar, Kapolres Simalungun Rawat Rasa Aman di Malam Libur

Patroli Skala Besar, Kapolres Simalungun Rawat Rasa Aman di Malam Libur

Neracanews | SIMALUNGUN – Kapolres Simalungun AKBP Ronald F C Sipayung SH SIK M.H memimpin pelaksanaan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KRYD) dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat serta guna mengantisipasi kegiatan masyarakat pada hari libur Peringatan Wafat Isa Al-Masih dan akhir pekan, khususnya pada bulan Suci Ramadhan 1444 H dengan melaksanakan Patroli Skala Besar.

Kegiatan Patroli Skala Besar TNI-Polri dan Pemerintah Kabupaten Simalungun dimulai dengan pelaksanaan Apel yang digelar di Halaman Parkir Perumahan Meranti Land, Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Sabtu (8/4/2023) sekira pukul 20.00 WIB.

“Patroli ini digelar untuk menjamin keamanan di tengah masyarakat. Kita akan datangi pemukiman, pusat keramaian dan tempat ibadah. Kita akan menyapa masyarakat,” jelas Kapolres saat memberikan keterangan, Minggu (9/4/2023).

AKBP Ronald dalam arahannya menyampaikan agar melaksanakan tugas dengan baik, hal tersebut dilakukan sebagai salah satu cara menunjukkan kepada masyarakat bahwa Polri akan hadir jam berapa pun dan dilokasi manapun.

“Kejahatan tidak mengenal tempat dan waktu, siapapun bisa menjadi korban kejahatan. Untuk itu mari kita melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh karena masyarakat sangat membutuhkan kehadiran kita, TNI-Polri serta Sat Pol-PP adalah alat negara, untuk itu mari kita tunjukan kepedulian kita terhadap masyarakat agar rasa aman dan nyaman yang selama ini terjaga tetap terwat di Wilayah Kabupaten Simalungun,” ujar Kapolres.

Lebih lanjut dikatakannya, patroli skala besar yang dilaksanakan itu juga bertujuan agar pelaksanaan ibadah dapat berjalan lancar, tanpa ada gangguan Keamananan dan ketertiban masyarakat.

“Ada dua momen pelaksanaan ibadah. Yang pertama, dilaksanakan dari masyarakat yang beragama Islam saat ini bulan Ramadhan dan melaksanakan Ibadah Sholat Tarawih. Yang kedua dari warga masyarakat beragama Kristen yang saat ini memperingati hari Wafat Isa Al-Masih. Kehadiran kita diharapkan dapat menjadi penyemangat bagi masyarakat yang melaksanakan ibadah, serta dapat mencipatakan merasa aman dan nyaman selama beribadah,” kata AKBP Ronald.

Kapolres Simalungun ini juga mengunjungi Masjid-masjid yang melaksanakan Ibdah Sholat Tarawih dan Gereja-gereja yang melaksanakan Ibadah. Di sana, terlihat Kapolres berdialog dengan sejumlah pengurus Masjid dan Gereja.

Lulusan Akpol 2002 ini menanyakan seperti apa situasi di lokasi tempat mereka beribadah. Apakah aman atau tidak. Bahkan Kapolres sempat menyinggung, apakah ada semacam ganguan premanisme yang dialami mereka. Selain menanyakan perihal keamanan, AKBP Ronald juga turut memantau lokasi parkir kendaraan para masyarakat yang melaksanakan ibadah.

Ia berpesan agar masyarakat tidak sungkan dan cepat melapor ke polisi bila mengetahui ada aksi kejahatan atau menjadi korban.

Lebih lanjut, Kapolres Simalungun menyebutkan dari pengakuan masyarakat, situasi terbilang aman dan kondusif. Untuk lokasi-lokasi kenadaraan yang terparkir masih dalam jarak pandang dan ada juga dilakukan kunci ganda oleh masyarakat.

Menurutnya tak hanya Polres Simalungun, Polsek-polsek Sejajaran Polres Simalungun di wilayah masing-masing juga menggelar kegiatan patroli serupa. Ia memerintahkan langsung Kalolsek dan jajaran di masing-masing wilayah untuk terjun ke lapangan.

“Nanti akan ada evaluasi. Seluruh Kapolsek saya undang ke sini. Kita lakukan aksi-aksi maksimal, menjelang nanti Operasi Ketupat tiba,” jelasnya.

Tampak mendampingi Kapolres Simalungun, Kabag Ops Polres Simalungun KOMPOL Kristo Tamba, Kapolsek Bangun AKP Lambok Stevanus Gultom, Kasat Reskrim Polres Simalungun AKP Rachmat Aribowo, Kasat Lantas Polres Simalungun AKP M. Haris Sihite, Kasat Intelkam Polres Simalungun IPTU Teguh Raya Putra Sianturi, Kanit Jatanras Sat Reskrim IPDA Bayu Mahardhika, Strk.(021)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments