Minggu, Juni 23, 2024
BerandaPemerintahLomba Lari 10 K HAUL Bung Karno, Bupati Taput Jadikan Momentum Gelorakan...

Lomba Lari 10 K HAUL Bung Karno, Bupati Taput Jadikan Momentum Gelorakan Nasionalisme

Taput (Neracanews) Ajang lomba lari 10 K memperebutkan medali Ganjar Pranowo dalam rangkaian rangka HAUL Bung Karno ke – 53 Tahun 2023 semarak digelar pada hari Jumat (30/6/2023) di depan gedung Kesenian Sopo Partungkoan komplek Taman kota Tarutung.

Acara berlangsung meriah. Sebanyak hampir seribu pelari berkompetisi secara sportif untuk sampai ke garis finish memenangkan hadiah lomba. Ajang perlombaan lari ini menghadirkan sebanyak 625 pelari untuk ikut ambil bagian dalam event ini dan mempertandingkan dua nomor, yaitu 10 K Putera dan 10 K Puteri.

Ketua DPC PDI Perjuangan Tapanuli Utara Dr. Drs. Nikson Nababan. M. Si yang juga sebagai Bupati Tapanuli Utara sebelum melepaskan pelari mengapresiasi animo para peserta lomba, Nikson juga menceritakan bahwa Bulan Juni menjadi Bulan Bung Karno karena pada bulan ini terdapat momen penting terkait proklamator dan presiden pertama Indonesia, Sukarno. Kelahiran Pancasila pada 1 Juni, kelahiran Bung Karno pada 6 Juni 1901, dan wafat pada 21 Juni 1970. Bahkan peringatan bulan Juni sebagai Bulan Bung Karno sudah menjadi agenda tahunan di PDI Perjuangan.

Nikson juga mengutip ucapan Bung Karno itu, “Kalau jadi hindu jangan jadi orang India, kalau jadi orang islam jangan jadi orang Arab, kalau kristen jangan jadi orang yahudi, tetaplah jadi orang nusantara dengan adat-budaya nusantara yang kaya raya ini” ujar Nikson sembari menanamkan jiwa nasionalisme bagi peserta yang rata rata berusia relatif muda.

Bupati juga berharap agar moment menjadi karya yang berkelanjutan.

Sebelumnya, Ketua Panitia Lomba Darman Purba Tambak melaporkan bahwa acara lomba ini berkat instruksi Ketua DPC PDI Perjuangan kepada 11 orang kader untuk menggelar acara lomba ini.

“Untuk membina disiplin dan sportifitas pemuda juga pemudi, sebagai bentuk anjuran dari ketua DPC sekaligus Bupati Taput bapak Dr.Drs. Nikson Nababan, memerintahkan saya dan rekan rekan juang dalam tugas partai untuk mengajak kaum muda agar tetap menjaga semangat sportifitas, hidup sehat, hidup sosial dan saling bergotong royong di moment penyelenggaraan menyemarakkan puncak acara HAUL Bung Karno ke 53 Tahun 2023. Harapan pak ketua yang juga Bupati Tapanuli Utara dapat berkelanjutan di kemudian hari,” ungkap Darman yang juga sebagai Bacaleg PDI Perjuangan ini.

Darman menyebut ucapan terimakasih kepada ketua DPC PDI Perjuangan Taput, KONI, Cabor PASI, rekan juang panitia, dewan juri dan pihak sponsorship yang telah ikut mensukseskan acara ini.

Pihak Panitia penyelenggara juga berupaya untuk menjamin keamanan dan sterilisasi di rute lomba lewat pemilihan lokasi ini. Untuk itu, akan disediakan signage yang clear, marshals di sepanjang rute, titik ambulans serta mobile medic yang akan didukung oleh tim Dinas Kesehatan Taput . Sementara untuk hydration station akan tersedia di setiap pos panitia.

Panitia juga mengedukasj para peserta lomba juga senam pemanasan sebelum berlomba. Tak hanya berlomba untuk menjadi yang terbaik, para pelari juga akan mendapatkan edukasi terkait pola latihan yang benar dari para expert di bidangnya, mulai dari running coach, nutritionist.

Hadir mendampingi Ketua DPC PDI Perjuangan Dr. Drs. Nikson Nababan. M. Si didampingi Sekretaris DPC PDI Perjuangan Taput Sabungan Parapat, ketua DPRD Taput Arifin Rudi Nababan, Waka Polres Taput Jonni Sitompul, Fraksi PDI Perjuangan Taput Ombun Simanjuntak, Kadispora Taput Marco Panggabean, Kadis Pendidikan Taput Bontor Hutasoit, Kasat Lantas Polres Taput, Burako Aritonang, Para Caleg PDI Perjuangan Taput, Maya Situmorang, Komandan Satgas Guring Ketua Baguna Lasbe Hutauruk, Caterine Sibuea, Rosnala Sitompul.

Susunan Panitia lomba, Ketua Panitia Darman Purba Tambak, Sekretaris Horas Nababan, Bendahara Agustinus Butarbutar, Rosdiana Butarbutar, Alfredo Sihombing, Hengki Tobing, Risdon Silalahi, Riduan Sitorus dan Henry Harianja.

Adapun keluarga sebagai juara yakni, Juara 1 Putera Siahaan (5090), Juara 2 Daniel Simanjuntak (5311), Juara 3 Erwin Simanjuntak (5106) dan Binsar Hutapea Juara 4 sampai juara 10, Untuk nomor Putri yaitu, Juara 1 Cilpia Manalu, juara 2 Dertawan Hutasoit, juara 3 Irsa Manalu dan Agustina Nababan juara 4 sampai juara 10.

Selain itu, panitia juga menyediakan hadiah hiburan berupa doorprize, peserta yang unik peserta anak yang sampai ke garis finish dengan membawa partai PDI Perjuangan serta peserta tertua dan termuda. (Henry)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments