Selasa, Juli 23, 2024
BerandaPemerintahKunjungi Silahisabungan, Ketua PKK Sumatera Utara Monitoring Desa Percontohan di Silalahi II

Kunjungi Silahisabungan, Ketua PKK Sumatera Utara Monitoring Desa Percontohan di Silalahi II

DAIRI – Setelah melakukan pelepasan TK Pembina Sumbul di Kecamatan Sumbul, Bunda PAUD yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Sumatera Utara Nawal Edy Rahmayadi melakukan monitoring ke desa percontohan usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) Desa Silalahi II, Kecamatan Silahisabungan, Rabu 14 Juni 2023.

Nawal Edy Rahmayadi hadir bersama tim monitoring PKK Sumatera Utara dan juga Ketua Tim Penggerak PKK Dairi Romy Mariani Eddy Berutu.

Nawal Edy Rahmayadi mengatakan kehadirannya ke Silalahi untuk melakukan silaturahmi dengan tim PKK Desa Silalahi II. Dalam kesempatan tersebut, Nawal sangat berharap PKK dapat didukung dengan penuh oleh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Hal itu ia sampaikan karena peran dari PKK sangat berdampak bagi masyarakat dan juga dapat membantu program pemerintah.

“Hasilnya sudah dapat kita lihat langsung seperti yang ditampilkan pada saat ini. Saya sudah rasakan hasil produknya, semuanya enak. Saya juga suka hasil produk ulosnya. Tentunya hasil karya ini harus kita dukung. Mari kita percayakan kepada tim monitoring untuk melakukan penilaian. Saya juga mengajak para kader PKK untuk menjalankan 10 program PKK sehingga tujuan mewujudkan masyarakat sejahtera dapat tercapai.

Sementara itu, Romy Mariani mengatakan untuk UP2K, seluruh anggota PKK Desa Silalahi II sangat antusias dan bersemangat. Beberapa hasil karya yang sudah diproduksi antara lain adalah tenun ulos Silalahi yang dibuat menjadi produk fashion yang ramah lingkungan.

“Saat ini sudah ada 91 kelompok pelaksana (poklak), untuk rentang kendali PKK Kabupaten sudah melakukan 9 kali dengan turun ke desa binaan. Semua hasil karya yang ditampilkan saat ini adalah karya dan inovasi dari Desa Silalahi II untuk kesejahteraan masyarakat desa tentunya,” kata Romy Mariani.

Dalam kegiatan ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah memberikan bantuan kepada PKK Dairi berupa peralatan usaha bagi UMKM. Selain itu, Nawal Edy Rahmayadi juga memberikan piagam penghargaan dari Ketua Umum PKK Tri Tito Karnavian kepada Romy Mariani sebagai kader inspiratif PKK.

Usai monitoring, Nawal Edy Rahmayadi bersama dengan rombongan mengunjungi gedung sentra tenun ulos di Desa Silalahi. Dalam kunjungan ini, Nawal bertemu dengan para petenun ulos dan juga membeli beberapa produk tenun.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumatera Utara Suherman, Kepala Dinas Pemdes dan Dukcapil Sumatera Utara H. Parlindungan Pane, Sekretaris Daerah Dairi Budianta Pinem, Kepala Dinas Perindagkop UKM Iwan Berutu, Camat Silahisabungan Landong Napitu serta Kepala Desa Silalahi II Belman Silalahi. (As)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments