Senin, Juni 24, 2024
BerandaTNIKorem 012/TU Buka kegiatan Latihan Gabungan Penanggulangan Bencana Alam

Korem 012/TU Buka kegiatan Latihan Gabungan Penanggulangan Bencana Alam

Suka Makmue – Neracanews | Danrem 012/TU Kolonel Inf Riyanto, S.I.P membuka langsung kegiatan latihan penanggulangan bencana alam (Latgulbencal) terintegrasi dan bersinergi antara TNI/Polri, Pemda, perusahaan dan instansi terkait Tahun 2023 di wilayah Kabupaten Nagan Raya, Senin (29/5).

Dalam sambutannya, Danrem 012/TU Kolonel Inf Riyanto, S.I.P, yang di dampingi PJ Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas, menyampakan bahwa cuaca saat ini yang sulit diprediksi dan berpotensi ekstrem di wilayah Indonesia, khususnya di Provinsi Aceh, kegiatan guna untuk meningkatkan risiko bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan karhutla.

Danrem menjelaskan bahwa tujuan utama dari latihan ini adalah untuk mengantisipasi dan mengevaluasi kesiapan dari semua unsur yang terlibat dalam menghadapi kemungkinan bencana, termasuk personil, peralatan, perlengkapan, dan dukungan lainnya. Hal ini bertujuan guna untuk mengurangi korban jiwa dan matrial dari dampak bencana tersebut.

Upaya untuk pengurangan risiko bencana alam tentu memerlukan kerja maksimal dan terarah secara terencana, terpadu, dan berkesinambungan. Pada kesempatan itu Danrem menekankan bahwa langkah-langkah konkret yang dilakukan melibatkan kesiapsiagaan aparat, instansi terkait dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta kesadaran dan perhatian masyarakat terhadap lingkungan di sekitar tersebut.

Akhir sambutannya Danrem menyatakan bahwa kerjasama dan koordinasi antar instansi merupakan langkah terpenting dalam menghadapi ancaman bencana alam dan meningkatkan kinerja penanggulangan bencana secara profesional dan proporsional.

Setelah memimpin apel, Dandrem 012/ TU bersama Pj. Bupati Kabupaten Nagan Raya melanjutkan kegiatan dengan mengecek satu persatu sarana dan alat perlengkapan latihan yang digunakan dalam
latihan penanggulangan bencana alam tersebut.

Kemudian diteruskan dengan acara puncak yaitu kegiatan simulasi penanganan bencana alam seperti karhutla, banjir, tenggelam, dan pendirian tenda.

Dalam apel kegiatan latihan penanggulangan bencana alam di wilayah Kabupaten Nagan Raya, terlihat sinergi dan antusias yang kuat antara TNI, Polri, Pemda, instansi terkait, dan perusahaan dalam upaya bersama menghadapi situasi bencana.

Apel kegiatan Latihan Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2023 di wilayah Kabupaten Nagan Raya turut dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Nagan Raya diantaranya Dandim 0116/Nara Letkol Inf Tony Setyo Widodo, Kapolres Nagan Raya AKBP Setyawan Eko P, S.H.,S.IK, Ketua DPRK Nagan Raya Joniadi, SE, Kajari Nagan Raya Muib, S.H., M.Li, Ketua Pengadilan Suka Makmue Ahmad Rizal, SH, Ketua Mahkamah Syariah Suka Makmue Irham Soderi S.H, Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Aceh Kompol Usman, SH.,MM dan Kepala BPBD Nagan Raya Irfanda Rinaldi, SSTP, serta para peserta apel dan tamu undangan. ( Dani S)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments