Minggu, Juni 23, 2024
BerandaPemerintahKetua Serikat Tolong Menolong FJA se-Pantai Barat Sambut Hangat atas Stetmen Kasruddin...

Ketua Serikat Tolong Menolong FJA se-Pantai Barat Sambut Hangat atas Stetmen Kasruddin Sebut Perusahaan Raksasa Jangan Sengsarakan Warga Batahan

Neracanews | Mandailing Natal – Afnan Lubis, S.H ketua Forum Jurnalis dan Aktifis se-Pantai Barat yang juga Praktisi Hukum / Advokat menyambut hangat stetmen dan komentar aktifis senior di Pantai Barat yang menyebut “Perusahaan Raksasa” Jangan Sengsarakan Warga Batahan yang ditayangkan di media Online berita sore.co.id pada 24 September 2023, dimana di ungkapkanya pada media itu ” Untuk memperjelas perusahaan perkebunan PT. PR ( Palmaris Raya ) warga Batahan akan melakukan investigasi mendalam bersama aktivis dan Jurnalis. “Perusahaan raksasa” diwanti-wanti jangan sengsarakan warga Batahan.

Warga Batahan Khasruddin, kepada wartawan di Panyabungan, Sabtu (23/9), menjelaskan, perusahaan perkebunan di Pantai Barat Mandailingnatal khususnya di Kecamatan Batahan, akan diinvestigasi, “seperti Pepatah mengatakan ” Membangkitkan Batang Terendam.”

Khasruddin yang juga jurnalis yang serta salah seorang aktivis Lembaga Investigasi Negara(LIN), mengungkapkan, rambu-rambu dan undang-undang nomor 39 tahun 2014 tentang perkebunan harus disinkronkan dengan yang diperbuat PT. PR dalam aktivitas perkebunan.

“Kan jelas, dalam konsensi / lokasi diajukan untuk lahan perkebunan, perusahaan wajib memberikan 20 persen kepada masyarakat berupa kebun/plasma tanpa dibebankan hutang,” ujarnya.

Nyatanya, lanjut Khasruddin, perusahaan tidak memberikan kewajibannya sampai sekarang. “Justru, masyarakat desa sangat kehilangan hak atas fenomena perusahaan yang ada di konsensi,” tambah Khasruddin.

Aktivis ini menjelaskan, tim akan melakukan investigasi lanjutan keberadaan “perusahaan raksasa” di Kec. Batahan, termasuk PT. PR, sekaligus melihat sejauhmana dilakukan perusahaan terhadap masyarakat sekitar.

Khasruddin menjelaskan, investigasi lebih mendalam dilakukan kolaborasi aktivis dan sejumlah jurnalis, yang insya Allah dimulai dalam waktu dekat.

“Kami minta, agar masyarakat sekitar menyatukan sikap dan menguatkan prinsip, supaya cita-cita masyarakat terwujud,” ujar Khasruddin.

Ketika dikonfirmasi, Zulkifli, Humas PT. PR, tak menjawab. Dihubungi melalui percakapan WhatsApp mempertanyakan sejauhmana kontribusi perusahaan kepada masyarakat sekitar dan membangun kebun plasma masyarakat, juga tak dijawab.

Dari apa yang sudah di katakan dan sudah diupayakan media beritasore.co.id. Saya selaku ketua STM FJA dan Atvokat dan juga Ketua Seksi Pembelaan Wartawan di Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) Kabupaten Mandailing Natal yang di ketua M Ridwan, S Pd, saya akan berkoordinasi dengan ketua PWI sesegera mungkin dan selaku Ketua STM FJA se- Pantai Barat akan mengumpulkan semua rekan Jurnalis dan Aktifis se-Pantai Barat secepatnya dan untuk yang di Panyabungan saya akan Koordinasi sesegera mungkin dengan ketua PWI di Panyabungan. Katanya

Afnan menambahkan, bukan hanya PT. PR tapi semua PT yang ada di Pantai Barat yang di Indikasikan menyengsarakan masyarakat termasuk perusahaan Swasta dan BUMN, Papar Afnan sambil mengahiri dengan Pantun. Ikan Sepat, Ikan Lele.
Lebih Cepat dan Kita Tidak Akan Bertele-tele. (Hem Surbakti/tim)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments