Senin, Juni 24, 2024
BerandaPemerintahHebat, 1630 Siswa dari Kabupaten Dairi, Karo dan Pakpak Bharat Ikuti SMANSASI...

Hebat, 1630 Siswa dari Kabupaten Dairi, Karo dan Pakpak Bharat Ikuti SMANSASI Expo 2024

DAIRI – Kurang lebih 1640 siswa dari 3 kabupaten di wilayah 4 Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara mengikuti Olimpiade Smansasi Education Expo (SEE) tahun 2024 yang digelar di SMA Negeri 1 Sidikalang, Sabtu (17/2/2024).

Gelaran olimpiade bersama siswa asal Kabupaten Karo, Pakpak Bharat dan tentunya Dairi ini dibuka secara resmi oleh Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu. Dalam sambutannya sekaligus memotivasi para siswa Eddy Berutu menyampaikan betapa pentingnya gelaran olimpiade seperti ini dalam mengasah kemampuan dan pengetahuan para siswa. Gelaran olimpiade atau test kemampuan seperti ini menjadi langkah awal mengukur kemampuan diri juga mengerahui kekuatan lawan (siswa) lain.

“Mengapa acara ini penting?, karena disekeliling kita setiap saat terjadi perubahan. Kepentingan masing masing negara lebih kuat daripada kepentingan global, perubahan perang, pandemi berdampak pada kehidupan. Perubahan ini harus mampu dihadapi, yakni dengan mempersiapkan diri berselancar dalam perubahan itu. Oleh sebab itu dasar persiapan menghadapi perubahan itu dibina sejak sekarang,” ungkap bupati.

Semangat demi semangat disampaikan bupati dalam kegiatan ini, seraya berharap nantinya dari para peserta olimpiade akan lahir pemimpin – pemimpin bangsa juga pemimpin ilmu pengetahuan hebat dimasa depan.

Tentu, dalam meraih masadepan itu, para siswa juga diminta oleh bupati untuk jeli membekali diri bukan hanya lewat olimpiade atau test pengetahuan, namun memanfaatkan fasilitas pendukung yang sudah disiapkan pemerintah juga perlu, seperti pemanfaatan Perpustakaan Raja Naga Jambe yang sudah dibangun di kawasan Taman Rekreasi, Sidikalang.

“Pupuk semangat, dan terus berlatih. Kemenangan kecil dalam persitiwa studi perlu juga dirayakan. Saya juga ingin mengajak adik-adik ikut memanfatkan fasilitas umum seperti perpustakaan daerah agar apa yang sudah kita bangun dapat juga memberi nilai tambah bagi masyarakat. Pemerintah dan masyarakat harus berkolaborasi memanfaatkan fasilitas yang sudah ada sama seperti program gasing (gampang asyik dan menyenangkan) yang sudah menghasikan 30 ribu pelajar hebat matematika. Semua ini kita lakukan untuk Indonesia yang lebih maju,” ujarnya menutup sambutan.

Usai pembukaan, Eddy juga menyempatkan diri menyapa dan memberi semanagat secara langsung para siswa yang akan segera melakukan ujian. Hadir juga mendampingi bupati, Kepala Bapenda, Fatimah Biang Manalu, Kadisparbudpora, Rahmat Syah Munthe, Kepala sekolah SMAN 1 Sidikalang, Silas Sihombing, Para Kepala sekolah dan guru pendamping dari kabupaten lain serta para siswa. (As)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments