Kamis, Juli 18, 2024
BerandaDaerahDeputi II KSP Minta Dukungan Penyelesaian Relokasi Tahap III Korban Bencana Erupsi...

Deputi II KSP Minta Dukungan Penyelesaian Relokasi Tahap III Korban Bencana Erupsi Gunung Sinabung

Karo – Pemerintah Daerah Kabupaten Karo melalui Wakil bupati, Theopilus Ginting bertemu dengan Deputi II Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Abetnego Panca Putra Tarigan beserta tim dalam rangka percepatan penyelesaian penanganan pascabencana erupsi Gunung Sinabung khususnya relokasi tahap 3 Siosar, di Jakarta, Jumat (04/08/23).

Pada pertemuan tersebut wakil bupati menyampaikan sejumlah kendala yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Karo terkait penyelesaian relokasi tahap ke tiga.

Secara khusus wakil bupati mengungkapkan adanya kekurangan pendanaan sesuai Rencana Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana (R3P) yang telah disusun.

Sementara itu Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo Juspri Nadeak mengatakan bahwa saat ini BPBD Provinsi Sumatera Utara sedang melakukan telaahan administrasi dan lapangan terkait proposal bantuan dana hibah untuk mendapatkan rekomendasi dari Gubernur Sumatera Utara.

Meski demikian dalam rangka percepatan, maka Pemerintah Kabupaten Karo berinisiatif untuk meminta saran dan petunjuk terkait langkah-langkah yang dapat ditempuh untuk mempercepat koordinasi penyelesaian Relokasi Tahap 3 tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Deputi II KSP menegaskan bahwa harus ada strategi khusus dalam penyelesaian penanganan pascabencana Erupsi Gunung Sinabung dikarenakan kendala koordinasi pendanaan bidang bencana sering terjadi. Untuk itu pihaknya siap meminta dukungan Kementerian/ Lembaga  Terkait untuk Penyelesaian Relokasi Tahap III Korban Bencana Erupsi Gunung Sinabung.(As)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments