Kamis, Februari 22, 2024
BerandaPemerintahCiti Indonesia Gelar Workshop Keuangan dan Kewirausahaan di Taput, Ini Harapan Bupati

Citi Indonesia Gelar Workshop Keuangan dan Kewirausahaan di Taput, Ini Harapan Bupati

Taput | Neracanews – Sejak tahun 2017, Citi Indonesia dan Citi Foundation telah memberikan dukungan program pemberdayaan wirausaha muda kreatif dan penggerak UKM di berbagai Provinsi di Indonesia.

Salah satu program yang di dukung Citi Indonesia bersama Citi Foundation adalah program Kita Muda Kreatif yang dilaksanakan oleh UNESCO Jakarta pada tahun 2023, program Kita Muda Kreatif ini telah memberdayakan lebih dari 1000 pengusaha muda Indonesia yang tinggal di enam Provinsi di Indonesia (Bali, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Lombok dan Sumatera Utara) untuk menjadi agen baru pengembangan masyarakat.

Program ini memberikan berbagai pendampingan pengembangan usaha termasuk dukungan branding dan pemasaran kepada para pemuda penerima manfaat sekaligus membekali mereka dengan aspek pelestarian warisan budaya.

Sebagai bagian dari keberlanjutan komitmen Citi Indonesia dalam memberikan dukungan kepada para pengusaha di seluruh Indonesia dan meningkatkan Literasi keuangan kepada para pengusaha dan UMKM.

Citi Indonesia menyelenggarakan kegiatan workshop”Literasi keuangan dan kewirausahaan” di Tapanuli bersama dengan wirausaha muda dampingan program Kita Muda kreatif dan juga penggerak UMKM di Tapanuli Utara, pada hari Selasa (20/6/2023) kemarin, bertempat di gedung Kesenian Sopo Partungkoan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara.

Kegiatan ini di selenggarakan juga dalam rangka Global Comunity Day, yang merupakan acara tahunan yang dilaksanakan Citi untuk memberikan dampak positif pada komunitas dimana kantor Citi tinggal dan bekerja, melalui berbagai kegiatan sukarela, baik secara luring dan daring di berbagai daerah di Indonesia.

” Berdasarkan hasil survei OJK di tahun 2022, tingkat Literasi keuangan penduduk Indonesia mencapai 49,68 %, naik dari tahun 2019 yang hanya 38%. Untuk itu, tujuan utama kegiatan ini adalah memberikan generasi muda pemahaman yang kuat tentang Literasi keuangan dan membantu mereka dalam menilai dan / atau mengembangkan bisnis, acara ini merupakan wujud komitmen Citi dalam meningkatkan Literasi keuangan generasi muda dan mencerminkan dua prioritas utama kami, yaitu pemberdayaan generasi muda serta Literasi dan inklusif keuangan, melalui acara ini, diharapkan akan terjadi peningkatan kapasitas generasi muda dan memiliki kepercayaan diri dalam meraih kesuksesan di dunia kewirausahaan,” demikian pernyataan Batara Sianturi CEO Citi Indonesia.

Bupati Tapanuli Utara Dr. Drs. Nikson Nababan. M. Si, melalui Asisten III Binhot Aritonang menyampaikan terimakasih atas komitmen dari Citi Indonesia atas perhatian yang luar biasa kepada para wirausaha muda di kawasan Danau Toba khususnya untuk Tapanuli Utara, dibuktikan dengan dua kali penyelenggaraan Global Comunity Day di Kabupaten Tapanuli Utara pada 2019 dan 2023. Besar harapan dari pemerintah daerah Tapanuli Utara agar kolaborasi dukungan untuk para wirausaha muda bisa diteruskan, mengingat kolaborasi antara Citi Foundation, UNESCO Jakarta dan Pemda Kabupaten Tapanuli Utara terbukti telah melahirkan sejumlah wirausaha muda sukses di sektor industri kreatif dan produk budaya

“Melalui acara ini, diharapkan akan terjadi peningkatan kapasitas generasi muda dan pengusaha di kawasan dalam Literasi keuangan sehingga siap menghadapi tantangan keuangan dan memiliki kepercayaan diri dalam meraih kesuksesan di dunia kewirausahaan, acara ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas anak menginspirasi dari budaya batak, dan meningkatkan Pemerintah daerah, dan sektor swasta,” ujar Binhot.

Kegiatan ini menghadirkan para narasumber terkemuka meliputi ibu Satika Simamora. SE. MM Ketua Dekranasda Kabupaten Tapanuli Utara, Fitria Werdiningsih Marketing & Comunication Manager, Lawe Indonesia, serta Eugenio Hendro Creatif Director Eugenio Hendro Studio. Jasa dan makanan dari Kabupaten Tapanuli Utara, Tiba dan Simalungun. Selain itu, hadir juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tapanuli Utara Marco Panggabean.

” Pentingnya memahami bagaimana cara mengatur keuangan usaha, bisa meminimalisir kerugian yang ada. Tetapi penerapannya sangat penuh tantangan sehingga menurut pengalaman saya, kami harus lebih belajar lagi untuk memilah kebutuhan produksi, keperluan pribadi dan kepentingan budaya,” Kata Mangoloi Sinaga, Penggorga Toba.

Selain workshop Literasi keuangan, di tampilkan juga karya produk dampingan program kita Kita Muda Kreatif serta mini fashion show yang menampilkan sebelas koleksi desain busana perpaduan ulos dari Anastasya Simanjuntak yang di brand dengan Acas Mode dan Ofitri Pebri Tambunan. (Henry)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments