Jumat, Juni 21, 2024
BerandaPemerintahBupati Taput Genjot Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Dengan Bebaskan Desa Terisolir Dari Kegelapan

Bupati Taput Genjot Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Dengan Bebaskan Desa Terisolir Dari Kegelapan

Neracanews.com | Upaya gencar Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si untuk memerdekakan desa terpencil dari kegelapan dan membuka potensi perekonomian rakyat terus di genjot.

Terpantau media ini yang turut serta dengan rombongan Bupati, dengan mengendarai sepeda motor jenis trail, Nikson Nababan di dampingi oleh Ketua Fraksi PDIP DPRD Taput Jimmi Tambunan, Kadis PUPR Dalan Simanjuntak, Kasat Pol PP Rudi Sitorus, Kadis Perkim Budiman Gultom, Kadis Pariwisata Sasma Situmorang, Kadis PMD Donny Simamora, Kabag Kesra Junjungan Silaban, Camat Tarutung Reinhard Lumbantobing, Ketua APDESI Ruben Lumbantobing serta para Desa Hutapea Banuarea, Desa Siandorandor, Desa Parbubu 1 dan Desa Parbubu 2 Meninjau Pembukaan Jalan Hutapea Banuarea – Simataniari Desa Hutapea Banuarea, turun langsung meninjau lokasi pembukaan jalan panjang kurang lebih 10 km sampai di lokasi air terjun Aek situmohap sampuran rimbus, pada hari Senin (6/3/2023) kemarin.

Selain pembukaan Jalan tembus Desa Hutapea Banuarea Kecamatan Tarutung dengan Simataniari Kecamatan Pahae Julu, turut menjadi perhatian bupati dan rombongan diantaranya proyek infrastruktur jalan dan jembatan, air bersih, telekomunikasi, fasilitas pendidikan dan kesehatan di desa tersebut.

“Saya dan rombongan OPD bersyukur bisa hadir disini berkumpul bersama bapak ibu sekalian yang saya banggakan. Saya naik sepeda motor meninjau pembukaan jalan dari desa Banuarea, Desa Parbubu 1 dan 2 dan Desa Siandorandor Kecamatan Tarutung yang bisa menyambungkan ke empat desa tersebut ke Kecamatan Pahae. Harapan saya Dengan terbukanya akses tersebut lahan pertanian baru akan segera bisa produktif begitu juga hasil hutan seperti kemenyan. Di Kesempatan tersebut saya juga melakukan ramah tamah dengan masyarakat Desa Parbubu 1,” ujar Bupati Nikson Nababan di pendopo sopo rakyat rumah Dinasnya. Selasa (7/3/2023).

Nikson Nababan juga menginstruksikan agar masyarakat menjaga kelestarian hutan sekitar dan mencoba menanam tanaman berbuah, durian, dan lain lain. Di sekitar aliran sungai tersebut ada juga ditemukan air terjun yang luar biasa indahnya yaitu Air Terjun Situmohap yang sangat cocok untuk tempat wisata.

“Prioritas saya sampai saat ini adalah infrastruktur jalan dan jembatan serta memerdekakan desa dari kegelapan. Dengan konektivitas kita harapkan ekonomi masyarakat semakin tumbuh, dan ada jalan alternatif yang menghubungkan Luat Pahae ke Kec. Tarutung. Saya mohon doa dan dukungan masyarakat agar kami bisa memerdekakan semua desa dan dusun yang belum merdeka dari kegelapan. Semoga ada penambahan anggaran yang bisa mempercepat pembangunan Tapanuli Utara,” tambahnya.

“Saya apresiasi kegigihan para Kepala Desa Kecamatan Tarutung yang memberi perhatian untuk membangun desanya dengan inisiatif berdiskusi dengan saya membahas solusi masalah pembangunan desa. Semoga Tuhan selalu memberikan hikmat kepada kita agar para kepala juga semakin diberi kebijaksanaan dalam memimpin desanya dan adil memperhatikan masyarakatnya, pesan saya kepada Camat dan Kepala Desa agar selalu berkoordinasi dalam memperhatikan desa dan masyarakatnya, dan menyampaikan kepada saya aspirasi maupun keluhan masyarakat,” pungkas Bupati.

Sebelumnya, dalam acara yang sama di kunjungan kerja ke Kecamatan Tarutung, bertempat di Aula Gereja HKBP Banuarea. Tokoh Masyarakat Sahala Hutapea mantan kepala desa Hutapea Banuarea mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tapanuli Utara atas kunjungan beliau beserta rombongan OPD Taput ke desa mereka.

“Saya mewakili masyarakat Desa Hutapea Banuarea, Desa Siandorandor, Desa Parbubu 1 dan Desa Parbubu 2 mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada Bapak Bupati Nikson Nababan dan jajarannya, kami sangat bangga pada Bapak Bupati, mulai dari awal jabatannya kami sudah menikmati pembangunan bapak karena apa yang kami minta seperti pembangunan infrastruktur jalan jembatan, irigasi dan bedah rumah serta kebutuhan fasilitas kesehatan dan pendidikan bapak penuh satu per satu.
Kami akan selalu mendukung bapak apapun program Bapak untuk kemajuan pembangunan Tapanuli Utara, semoga bapak selalu diberi Kesehatan dan kebijaksanaan dalam memimpin Kabupaten Tapanuli Utara” ungkap Sahala Hutapea.

Diakhir kunjungan kerja Nikson Nababan, acara diisi dengan pemberian bantuan berupa buku tulis kepada pelajar SD dan SMP serta Susu untuk para lansia dan hiburan dari pelajar SD, SMP dan lansia serta PKK dari empat desa tersebut. (Henry)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments