Jumat, Juni 21, 2024
BerandaDaerahBupati Karo Cory Sriwaty Sebayang Hadiri Pelantikan Pengurus PABPDSI

Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang Hadiri Pelantikan Pengurus PABPDSI

Karo – Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang hadiri pelantikan pengurus Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Karo Periode 2023-2029 di Jambur Pemkab Karo, Senin (25/09/2023).

Adapun pengurus yang dilantik pada hari ini yaitu, pengurus PABPDSI Kecamatan Kabanjahe, Tigapanah, Barusjahe, Dolatrayat, Mardingding, Tiganderket, dan Simpang Empat.

Dalam perayaannya, bupati mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus PABPDSI kecamatan yang sudah dilantik.

Bupati Karo juga menyampaikan bahwa BPD memiliki kedudukan yang sama penting dalam pemerintahan desa, dimana, BPD merupakan mitra Kepala Desa dalam membahas rencana peraturan desa dan melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan desa.

Untuk itu, bupati berharap seluruh pengurus PABPDSI Kabupaten Karo dan Kecamatan mampu meningkatkan peran, fungsi dan wewenang dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Karo dengan sebaik-baiknya.

“Keberadaan PABPDSI di Kecamatan dapat memperkuat peran BPD dalam rangka memberikan solusi dan kontribusi peningkatan pembangunan, dimulai dari perencanaan perencanaan, pemantauan, evaluasi serta pengawasan pembangunan,” pungkas bupati.

Sementara itu, Ketua PABDSI Kabupaten Karo, Rianto Ginting didampingi Sekretaris Arinal Sitepu, bedehara Mijer Sembiring dan pengurus lainnya mengucapkan selamat dan sukses kepada pengurus yang dilantik hari ini.

Pelantikan ini kami lakukan karena sudah banyak pengurus BPD kecamatan, meminta agar segera dilakukan pembentukan PABPDSI di tingkat kecamatan. Hal ini tentunya sudah menjadi tugas kami untuk dapat di akomodir secepatnya, sehingga hari ini dapat dilaksanakan pelantikan di 7 kecamatan, dan untuk 10 kecamatan lagi, dari 17 Kecamatan di Kabupaten Karo, segera menyusul, imbuh Rianto Ginting.

Selanjutnya, Rianto Ginting yang juga menjabat sebagai Ketua BPD Desa Lingga Julu, Kecamatan Simpang Empat ini menjelaskan, bahwa anggaran dana desa (DD) sangat besar tiap tahun nya masuk ke rekening kas desa, hal ini harus betul-betul menutup kegunaannya agar dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh warga desa demi mewujudkan kesejahtraan rakyat seperti yang diamanatkan bapak presiden Joko Widodo,” tutupnya.

Turut hadir dalam pelantikan ini, Anggota DPD RI, Dr. Badikenita Br Sitepu, SE, M.Si, Dandim 0205/TK, Letkol. Inf. Ahmad Afriyan Rangkuti, Mewakili Kapolres Tanah Karo, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Karo, Data Martina Br Ginting, AP, M.Si, PABDSI Provinsi Sumatera Utara, para Camat, dan Kepala Desa dan tamu undangan lainnya.(As)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments