Jumat, Mei 17, 2024
BerandaPemerintahBupati Karo Cory Sebayang Hadir Kerja Tahun di Desa Bintang Meriah, Ini...

Bupati Karo Cory Sebayang Hadir Kerja Tahun di Desa Bintang Meriah, Ini Yang Disampaikan Cory

Karo- Bupati Karo Cory S Sebayang hadiri undangan acara gendang guro-guro aron merdang merdem kerja tahun di jambur (Losd) umum, Desa Bintang Meriah, Kecamatan Kuta Buluh, Kabupaten Karo. Jumat, (08/07) malam.

Kedatangan Bupati dan rombongan disambut hangat Camat Kuta Buluh dan jajaran Forkopimca se-Kec.Kuta Buluh , Kepala  Desa Bintang Meriah, Panitia GGA, Muda – mudi serta para tokoh masyarakat setempat.

Tiba dilokasi jambur, Bupati Karo yang didampingi Kadis Kesehatan dr. Irna br S Milala, Kadis Pertanian Ir Metehsa Purba, Kadis PUPR Edward P Sinulingga, Kadis Perikanan dan ketapang Sarjana Purba, Kadis Perindag Hendrik Tarigan, Asisten 1 Mulianta Tarigan, Ka.bag Keuangan Daerah Eddy Suranta Surbakti dan Plt Kadis Kominfo Frans Leonardo Surbakti menikmati penampilan tari-tarian dari muda-mudi (aron)desa setempat.

Panitia pesta tahunan yang dilakukan sekali dalam setahun ini mengucapan terimakasih atas kehadiran Bupati Karo dan rombongan dalam rangka menghadiri undangan pesta gendang guro – guro aron kerja tahun di desa Bintang Meriah

Pada kesempatan tersebut panitia juga menyampaikan beberapa keluhan terkait kondisi jalan yang ada di tapin lau bahing desa Bintang Meriah pasca ditimpa bencana banjir bandang dan sempat memutus akses jalan antar desa, beberapa bulan yang lalu.

Selain itu juga, menurunnya kuota penerimaan pupuk bersubsidi khususnya bagi para petani jagung, dan minimnya permohonan bantuan dari pemerintah khususnya untuk alat-alat pertanian (alsintan).

Menyahuti harapan dari panitia mewakili masyarakat, Bupati Karo Cory Sriwaty Br sebayang  dalam sambutannya mengucapkan, “Selamat Kerja Tahun Desa Bintang Meriah tahun 2022, merdang merdem kali ini cukup meriah. Dimana selama 2 tahun ini tidak diadakan pesta tahunan akibat dari pandemi covid-19 dengan diberlakukannya PPPKM,” ujarnya

“Selanjutnya, disini saya sampaikan kepada anak-anak kami yang sudah tamat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat, agar mendaftarkan lamaran untuk melanjutkan pendidikan atau kuliah di Jerman, karna saat ini pemeritah Kabupaten Karo telah menjalin kerjasama dengan pihak Pemerintah Jerman dengan syarat harus bersedia ikut kursus bahasa jerman,” ucap cory yang disambut aplaus oleh warga.

Bupati menambahkan, “mengenai perbaikan jalan penghubung antar desa tepatnya ditapin lau bahing, tahun ini akan diupayakan  anggarannya di P-APBD tahun 2022.

Selanjutnya terkait persoalan pupuk subsidi, coba kita minta pendapat dari Pak Metehsa Purba selaku Kadis Pertanian Kabupaten Karo seraya memberikan kesempatan kepada kadis pertanian untuk memberikan keterangannya.

“Penyaluran pupuk subsidi bagi kelompok tani sesuai arahan pemerintah pusat memang sudah dibatasi. Hal itu sebenarnya dapat diatasi jika para kelompok tani mau mempergunakan pupuk alami (kompos) yang berbahan dasar sisa-sisa makanan rumah tangga,” tutur Kadistan.

“Jika berkenan, kami siap mensosialisasikan kepada kelompok tani tentang cara pengolahannya, dengan catatan wajib memiliki lahan atau tempat untuk pembuatannya. Silahkan para kelompok tani yang ada agar berkordinasi dengan pemerintah desa,” jelas Kadis Pertanian Kabupaten Karo.

Setelah memberikan sambutan, Bupati Karo dan rombongan serta jajaran forkopimca Kecamatan Kuta Buluh diberikan kesempatan oleh panitia untuk menari bersama. (Afs)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments