Minggu, Februari 25, 2024
BerandaPemerintahBupati Karo Cory Sebayang Apresiasi Sinergi Pengendalian Inflasi dan Ketahanan Pangan Pemkab...

Bupati Karo Cory Sebayang Apresiasi Sinergi Pengendalian Inflasi dan Ketahanan Pangan Pemkab Karo-Bank Indonesia

Karo – Sinergi kebijakan yang erat antara BI, pemerintah pusat, Pemprovsu dan daerah dengan perkembangan terkini, maka prospek ekonomi Sumut khususnya Kabupaten Karo akan tetap kuat walau tetap harus hati-hati sebagaimana pesan bapak presiden.

Issu paling besar adalah inflasi, dimana diprediksi inflasi di tahun depan akan lebih komplek.

“Saat ini apa yang kita lakukan masih on track. Sehabis dari sini, kita harus segera lakukan percepatan realisasi anggaran dan pengembangan komoditi lainnya untuk memperkuat daya beli masyarakat sekaligus sebagai stimulus ekonomi,. Jadi pertemuan hari ini sangat relevan dengan apa yang kita lakukan di Kabupaten Karo,” kata Bupati Karo dilansir dari Karosatuklik.com, menanggapi usai Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2023 di Medan, Minggu (3/12/2923).

Menyinggung soal pesan presiden hati-hati walau ekonomi Indonesia masih stabil, Bupati Cory Sebayang menanggapi bahwa kondisi baik ini jangan membuat kita terlena namun harus keras dan optimis.

“Bila memperoleh sesuatu yang baik kita tidak boleh terlena karena mungkin saja ada bahaya besar di tahun depan, karena tantangan kedepan begitu komoleks. Jadi bagi kami sebagai kepala daerah harus betul-betul mengkonsolidasi segala daya di jajaran Pemkab Karo termasuk dukungan DPRD Karo,” katanya mengakhiri.

Sinergi Kunci Kinerja Ekonomi Indonesia Bangkit dan Tetap Kuat

Sebelumnya dikabarkan, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2023 yang digelar secara hybrid di Jakarta (29/11/2023) menyampaikan, di tengah pertumbuhan ekonomi dunia yang melambat dengan ketidakpastian yang tinggi, ekonomi Indonesia tetap berdaya tahan dan terus menunjukkan prospek yang baik. Bank Indonesia memprakirakan pertumbuhan ekonomi dapat mencapai kisaran 4,7-5,5% pada 2024 dan akan meningkat 4,8-5,6% pada 2025.

Inflasi akan tetap terkendali dalam rentang sasaran 2,5±1% pada 2024 dan 2025 didukung konsistensi kebijakan moneter, kebijakan fiskal, dan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP). Stabilitas eksternal dan sistem keuangan tetap terjaga, dan digitalisasi juga terus berkembang pesat.

Berbagai tantangan global ke depan yang perlu dicermati mencakup perlambatan dan divergensi pertumbuhan ekonomi global, penurunan i​nflasi yang lambat, suku bunga negara maju yang lebih tinggi dan lebih lama, kuatnya mata uang dollar, serta pelarian modal dalam jumlah besar dari emerging markets ke negara maju.

“Untuk itu, sinergi sebagai kunci dari prospek kinerja ekonomi Indonesia dalam melanjutkan ketahanan dan kebangkitan ekonomi terus diperkuat. Demikian disampaikan oleh Gubernur Bank Indonesia,” Perry Warjiyo.

Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang bersama sejumlah kepala daerah lainnya di Sumatera Utara hadiri Kick Off Klaster Pangan Binaan Dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2023 bertempat di Convention Hall Hotel Santika Premiere Dyandra Medan, Rabu (29/11/2023).

Pertemuan ini bertujuan untuk mendukung program pengendalian inflasi dan ketahanan pangan di Sumatera utara. Pada kesempatan ini, bupati karo menyampaikan bahwa Klaster Cabai Merah Gapoktan Ari Ersada, Gapoktan Desa Bukit dan Gapoktan Sada Perari Kabupaten Karo memenuhi kriteria masuk sebagai klaster pangan binaan Bank Indonesia tahun 2023.

Penyelenggaraan program akan dimulai dengan Selebrasi Kick Off yang akan dirangkaikan dengan acara pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) Sumatera Utara 2023 yang akan dihadiri oleh para Stakeholders Strategis yang mendukung pelaksanaan tugas Bank Indonesia di daerah. Berita ini update berita sebelumnya yang sudah diterbitkan Karosatuklik.com. (As)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments