Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaPemerintahBuka Festival Lokal belajar.id Kabupaten Tapanuli Utara 2023, Bupati Harapkan Guru Manfaatkan...

Buka Festival Lokal belajar.id Kabupaten Tapanuli Utara 2023, Bupati Harapkan Guru Manfaatkan Teknologi Bentuk Masa Depan Siswa

Taput (Neracanewss) Bupati Tapanuli Utara Dr. Drs. Nikson Nababan, M.Si didampingi Kadis Pendidikan Kabupaten Tapanuli Utara Bontor Hutasoit membuka secara resmi Festival Lokal belajar.id Kabupaten Tapanuli Utara 2023 bertempat di Aula Martua Kantor Bupati Tapanuli Utara, Selasa (26/09/2023).

Hadir Kepala Cabang Dinas Wilayah IX Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Ketua MKKS Tapanuli Utara sekaligus Kepala Sekolah SMA N 1 Tarutung Belman Panjaitan.

Bupati menyampaikan kebanggaannya selaku pribadi dan selaku Bupati Kabupaten Tapanuli Utara bisa hadir dan bertatap muka langsung dengan Bapak/Ibu Panitia dan para undangan terutama anak-anak kami SD, SMP, SMA, SMK.

Diketahui, Pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar, yang dikenal sebagai program digitalisasi sekolah yang dikembangkan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), terus menarik perhatian publik.

Pemerintah telah menyiapkan akun layanan pembelajaran elektronik melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan memberikan akses kepada pendidik, siswa, dan staf yang disebut belajar. id. Tujuannya dengan memanfaatkan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran satuan pendidikan dan meningkatkan konektivitas antar layanan pembelajaran

“Digitalisasi pendidikan akan memungkinkan semua sekolah dan siswa dalam proses pembelajaran untuk memperoleh lebih banyak pengetahuan. Tentunya didukung dengan penyediaan kurikulum dan pelatihan yang tepat untuk membantu siswa dan guru membentuk dunia masa depan,” ucap Bupati.

“Pemanfaatan teknologi digital dalam pendidikan didasarkan pada empat pilar yang berbeda: keterlibatan siswa, pemberdayaan guru, optimalisasi proses, dan transformasi pembelajaran, semua didorong oleh upaya dasar lembaga pendidikan. Dengan menyediakan program yang andal untuk dijalankan oleh sekolah. Memanfaatkan teknologi digital mendorong pembelajaran yang lebih efektif dengan meningkatkan akses ke pembelajaran yang hemat biaya, hemat waktu, dan terjangkau, serta meningkatkan keterlibatan siswa-guru khususnya di Kabupaten kita,” imbuhnya.

“Kolaborasi peran seluruh pihak dalam menyukseskan episode Merdeka Belajar sangat diperlukan sehingga semua siswa akan mengalami pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Untuk itu bagi kepala sekolah/ penyelenggara/guru-guru dari jenjang Paud sampai SMA agar mendapatkan pemahaman/ilmu yang lebih baik dan selalu terbarukan khususnya dalam memanfaatan akun pembelajaran.
Akhir kata saya sampaikan tetap jalin kolaborasi untuk pendidikan Indonesia lebih maju, khususnya Kabupaten Tapanuli Utara, kita tidak harus jadi superman tapi harus bisa jadi super team” tukas Bupati.

Sebelumnya, Kadis Pendidikan Bontor Hutasoit menyampaikan pelaksanaan kegiatan Festival Lokal belajar.id di Kabupaten Tapanuli Utara tahun 2023 dilaksanakan pada hari Selasa, 26 September 2023 mulai pukul 09.00-12.00 WIB bertempat di Aula Martua Kantor Bupati Tapanuli Utara yang dilaksanakan secara blended dengan luring dan daring melalui Google Meet dan YouTube hal ini dilakukan agar bisa diikuti seluruh sekolah di Tapanuli Utara.

Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa Festival Lokal belajar.id merupakan serangkaian proses dalam ajang Daerah Jawara.id 2023. Penilaiannya dari 8 indikator tingginya akun belajar,id maka 25 Kabupaten/Kota terpilih melaksanakan festival lokal belajar.id, salah satunya Kabupaten Tapanuli Utara, maka maksud dari tujuan dari kegiatan tersebut adalah mengajak semua sekolah PAUD, SD, SMP, SMA, SMK untuk mengaktivasi semua akun belajar.id hinggal 100%, mengajak semua sekolah PAUD, SD, SMP, SMA, SMK penerima chromebook memanfaatkan akun belajar.id untuk program digitalisasi pembelajaran, mengajak semua sekolah penggerak, guru penggerak, Google Master Trainer pada jenjang PAUD, SD, SMP, SMK, melakukan praktik baik memanfaatkan akun belajar.id dalam pembelajaran dan mengajak semua Kepala Sekolah, Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD, SD, SMP, SMA, SMK memanfaatkan Platform Merdeka Belajar, Rapot Pendidikan dalam melaksanakan Program Merdeka Belajar, Rapor Pendidikan dalam melaksanakan Program Merdeka Belajar dan Digitalisasi Pembelajaran.

Kepala Cabang Dinas Wilayah IX Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Ketua MKKS Tapanuli Utara sekaligus Kepala Sekolah SMA N 1 Tarutung Belman Panjaitan dalam sambutannya menyampaikan Festival Lokal belajar.id bahwa Tapanuli Utara salah satu pendiri Jawara belajar.id yang dari 25 Kabupaten kota dan merupakan prestasi yang luar biasa, dan Tapanuli Utara tingkat PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK adalah kategori tertinggi oleh karena itu bisa menjadi Jawara belajar.id.

Pelaksanaan festival ini juga dilakukan penyerahan sertifikat dari REFO kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara sebagai pelaksana Festival Lokal belajar.id yang diterima langsung oleh Bupati Tapanuli Utara. (Henry)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments