Neracanews | Deli Serdang – Pangdam I BB Mayjend TNI Achmad Daniel Chardin, S.E., M.Si., melakukan peletakan batu pertama dalam Program Bedah Rumah Tidak Layak Huni yang di laksanakan oleh Kodam I BB di Sumatera Utara.

Sasaran bedah rumah tidak layak huni untuk pertama kali di laksanakan di Jalan Pertamina Dusun V Kebun Baru Desa Hamparan Perak Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang.

Pangdam I BB Mayjend TNI Achmad Daniel Chardi, S.E., M.Si., mengatakan “TNI itu adalah rakyat, berasal dari rakrat dan untuk rakyat”.

Lanjut pangdam, ” Program Bedah Rumah Tidak Layak Huni ini adalah merupakan bentuk kepedulian TNI khususnya Kodam I Bukit Barisan terhadap masyarakat Sumatera Utara

sambung pangdam, ” TNI mempunyai 2 fungsi, yang pertama adalah pertempuran dan yang ke dua adalah pembinaan teritorial, nah Program Bedah Rumah RTLH masuk dalam fungsi kedua TNI.

” Program Bedah RTLH ini juga berjalan karna dukungan dan kerja sama dari rekanan yang mau ikut membantu mensejahterakan masyarakat Sumatera Utara khususnya Kota Medan”, ucap Pangdam I BB Mayjend Ahmad Daniel Chardin, S.E., M.Si.

” Selain itu Program Bedah RTLH ini sendiri insyaAllah akan kita targetkan dulu untuk awal sebanyak 30 rumah yang ada di bawah naungan Kodim 0201 BS, sambung Pangdam I BB.

Jasmi yang merupakan penerima Bantuan pertama Program Bedah Rumah Tidak Layak huni yang di adakan Kodam I BB sangat bersyukur.

” Alhamdulillah, terima kasih buat Bapak Pangdam I BB, dulu kalau hujan ya banjir, aku tidurnya di kursi kalau banjir gitu, pagi nya ya nguras”, ucap jasmi.

“Kalau kemarin, yo gak punya listrik, kalau malam pakai lampu sentir, mana ada listrik”, ujar jasmi sambil menangis terharu.

Menurut Kepling Dusun V Kebun Bunga, jasmi merupakan seorang janda berumur 58 Tahun yang tidak punya pekerjaan, kesehariannya hanya menjaga cucu anak atau tetangganya, ucap Dian.

 

Dian juga mengatakan, ” biasanya warga yang berempati kepada ibu jasmi memberikan sayur, lauk maupun beras”, ujarnya.

Selain laksanakan Bedah RTLH, Pangdam I BB Mayjend TNI Achmad Daniel Chardin, S.E., M.Si., juga membagikan 200 Paket Sembako untuk warga Desa Hamparan Perak yang kurang mampu

Turut hadir dalam acara tersebut Pangdam I BB Mayjend TNI Ahmad Daniel Chardin, S.E., M.Si., Dandim 0201 BS Kol.Inf.Ferry Muzawwad, S.I.P., M.Si., Pabandia Bakti Kodam I BB Mayor Inf Eko Yudho Prayitno, S.I.P., Wa As Ops Kodam I BB Indra Hira, Kapendam I BB Letkol RJ Siagian, Kapolsek Hamparan Perak PLh Kompol Bernad Naibaho, Camat Hamparan Perak Jahar Efendi, S.Sos., M.Ap., Kades Hamparan Perak Muhammad Helmi, Kepling Dusun V Kebun Bunga Dian Sari.(021)