Minggu, Desember 3, 2023
BerandaPemerintahWakil Bupati Karo Theopilus Ginting Tinjau Perjalangan Mbal-Mbal Nodi

Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting Tinjau Perjalangan Mbal-Mbal Nodi

Karo – Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting di dampingi Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karo Metehsa Karo-karo bersama mewakili jabatan OPD terkait, kembali melakukan sosialisasi dan peninjauan lapangan ke penggembalaan umum Mbal-mbal Nodi di desa Mbal-mbal Petarum, Kecamatan Lau Baleng Kabupaten Karo tetap terus dilakukan dengan masyarakat setempat, Selasa (14/2/2023).

Wakil Bupati Menyampaikan, bahwa sosialisasi ini dilakukan semata-mata untuk pemantapan atau penyempurnaan penertiban kawasan penggembalaan umum Mbal-mbal Nodi, agar kedepan benar-benar dapat di manfaatkan sesuai fungsinya berdasarkan Perbup yang berlaku untuk kepentingan masyarakat.

Sebelumnya juga Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting juga telah meninjau lokasi pengembalaan ternak sapi dan kerbau (perjalangan mbal-mbal Nodi) di kawasan Mbal-Mbal Petarum Kecamatan Laubaleng pada hari Selasa 31 Januari 2023 yang lalu.

Dalam kesempatan tersebut juga telah dilakukan pemasangan spanduk himbauan kepada masyarakat untuk tidak menanami atau mendirikan bangunan di area tersebut.

Diketahui juga bahwa, lahan yang sering disebut Mbal-mbal Nodi ini, memiliki luas 682 hektar, namun sayang sebagian besar lahan disana sempat dialihfungsikan jadi lahan pertanian, oleh karna itu maksud kegiatan ini guna meninjau langsung dan sosialisasi untuk menerapkan peraturan Bupati Karo Nomor 03 tahun 2021, tentang penyediaan dan pengelolaan kawasan pengembalaan umum.

Dalam Perbup tersebut, semua masyarakat akan memiliki hak yang sama untuk pengembalaan ternak di lahan tersebut, dengan mengikuti peraturan yang ada.

“Kunjungan ini sebagai bentuk konsistensi Pemkab Karo dalam memantau lahan Mbal-mbal Nodi ke fungsi awal sebagai tempat pengembalaan ternak, agar kedepannya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara maksimal,”Pungkas wabup. (Afs)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments