Senin, Juni 24, 2024
BerandaRagamTP PKK Sumut Lakukan Supervisi PKK Tahun 2024 ke Kabupaten Dairi

TP PKK Sumut Lakukan Supervisi PKK Tahun 2024 ke Kabupaten Dairi

DAIRI – Dalam rangka melaksanakan program kerja PKK Tahun 2024, TP. PKK Sumut melakukan Supervisi PKK Tahun 2024 ke Kabupaten Dairi, Rabu (28/2/2024) di Balai Budaya Sidikalang.

Pj. Ketua TP PKK Sumut diwakili Sekretaris TP PKK Sumut, Reza Vahlevi Lubis menyampaikan kegiatan ini merupakan untuk melaksanakan tanggung jawab PKK sebagai salah satu LKD di desa dan kelurahan melalui 10 program pokok PKK dengan sistem rentang kendali PKK 1-3-6-9-12 demi perubahan dan PKK gemilang.

Dikatakannya, secara umum kegiatan pembinaan supervisi meliputi bidang kelembagaan, bidang administrasi dan bidang kelompok kerja yang mengelola 10 program pokok PKK dan berbagai perubahan program kerja yang menyesuaikan dengan kondisi yang berkembang serta terkait berbagai jenis lomba dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK yaitu tertib administrasi, pola asuh anak dan remaja, usaha peningkatan pendapatan keluarga, pemanfaatan lahan pekarangan serta iva tes dan terkait program PTP2WKSS.

“Sistem koordinasi dan konsultasi harus tetap terlaksana dengan baik dan berkelanjutan agar anggaran dan program kerja PKK dapat berlanjut dan berjalan dengan baik, ciptakan jaringan kemitraan yang luas kepada mitra PKK yang bersifat tidak mengikat dan tentunya terus menemukan berbagai inovasi juga menggali bentuk kreatifitas yang lebih menarik,” Ujarnya.

Selanjutnya, Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, diwakili Asisten Administrasi Umum, Oloan Hasugian menyampaikan keberadaan PKK dengan gerakan 10 Program Pokok yang diusung sangat sejalan dengan Visi Kabupaten Dairi yaitu “ Mewujudkan Dairi Unggul Yang Mensejahterakan Masyarakat Dalam Harmoni Keberagaman.

Dikatakannya, untuk itu koordinasi serta komunikasi yang baik dari seluruh unsur TP. PKK dengan OPD sebagai Dewan Pembina diharapkan agar terus menjalin hal-hal baik yang telah berjalan selama ini sehingga dapat terus berkiprah dan memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Dairi.

“Saya secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Dairi menyambut baik kedatangan Tim Supervisi Provinsi Sumatera Utara dengan harapan kehadiran tim di Kabupaten Dairi dapat semakin meningkatkan motivasi dari para Kader PKK dan diharapkan berbagai program kerja TP. PKK yang positif dapat mempercepat terwujudnya Visi Misi Kabupaten Dairi,” Katanya membacakan sambutan Bupati Dairi.

Lebih lanjut dikatakan, momen pertemuan hari ini kiranya dapat dijadikan untuk bertukar informasi dan pengetahuan guna menambah keterampilan dalam upaya pemberdayaan masyarakat melalui 10 Program Pokok PKK.

“Kepada TP. PKK Kecamatan dan TP PKK Desa yang hadir pada saat ini manfaatkanlah kehadiran Tim Supervisi Provinsi Sumatera Utara yang saat ini bersama sama dengan kita untuk menggali ide – ide untuk menjadi yang terbaik sebagai aktualisasi diri kita di Kecamatan Dan Desa kita masing – masing. Kesatuan gerak TP. PKK sangat bernilai terutama dalam meningkatkan kualitas SDM para anggotanya maka harapan kita bersama, supervisi ini dapat memberikan pembinaan yang menyangkut pada objek penilaian program kelompok kerja PKK,” Ucapnya.

Lebih lanjut, diharapkan melalui kegiatan Supervisi ini dapat memberikan manfaat dan penguatan kepada peserta baik dilapangan maupun dalam penyempurnaan administratif untuk ditindaklanjuti mulai sekarang dan seterusnya, sehingga nantinya dimasa yang akan datang TP. PKK Kabupaten Dairi dapat mengikuti berbagai kegiatan di tingkat Provinsi.

“Kepada Tim Supervisi TP. PKK Propinsi Sumatera Utara agar dapat memberikan pembinaan, masukan, kritikan dan saran yang bermanfaat kepada Tim Penggerak PKK dan peserta supervisi ini dalam menyusun program kerja sehingga kedepannya Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan,” Ujarnya.

Selanjutnya, Ketua TP. PKK Kabupaten Dairi, Ny. Romy Mariani Eddy Berutu diwakili Seketaris PKK, Meri Debora Saragih menyampaikan Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi menjadi bagian tak terpisahkan dari seluruh komponen pemerintah Kabupaten dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian keluarga lewat 10 program pokok PKK.

Program kegiatan dilaksanakan baik yang bersifat pengambangan kapasitas maupun kegiatan teknis disusun dan dilaksanakan guna mencapai tujuan pemeberdayaan keluarga di wilayah Kabupaten Dairi hingga ke dusun. “Salah satu bentuk kegiatan dalam usaha peningkatan Gerakan PKK setiap tahunnya TP PKK Kabupaten Dairi melaksanakan pembinaan di seluruh Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Desa,” Katanya.

Dikatakan Meri, pada Tahun 2023, Kabupaten Dairi juga melakukan kegiatan pembinaan kepada Desa Binaan PKK yaitu Desa Percontohan Tertib Administrasi PKK di Desa Gunung Meriah. Desa Percontohan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) di Desa Sigambir – gambir. Desa Percontohan UP2K (usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga ) PKK di Desa Silalahi II. Desa Percontohan Hatinya PKK di Desa Pasi dan Kecamatan Percontohan IVA Test di Kecamatan Lae Parira, untuk Kecamatan Lae Parira mendapatkan Juara Harapan I tingkat Provinsi pada tahun 2023,” Tuturnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Simon Tony Malau. Para Camat se – Kabupaten Dairi serta Ketua TP. PKK kecamatan. (As)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments