Sabtu, April 13, 2024
BerandaPemerintahTingkatkan Mutu Jagung, Ini Langkah Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang

Tingkatkan Mutu Jagung, Ini Langkah Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang

Karo – Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang didampingi Kepala Bappedalitbang Ir.Nasib Sianturi, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Hendrik Philemon Tarigan AP.MSi,  Kepala Dinas Pertanian Ir.Metehsa Purba bertemu dengan Dr. Yulius,M.A Deputi Bidang Usaha Kemenkop UKM dalam rangka peningkatan mutu hasil panen jagung melalui pengolahan Dryer, Senin (15/05/23) di Jakarta.

Pada hari yang sama juga, sekitar  pukul 12.00 Wib, Bupati Karo juga dan rombongan bertemu dengan B M.S. Kaban (mantan menteri Kehutanan) terkait dengan rencana dukungan untuk Pembangunan di Kabupaten Karo.

Selanjutnya, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang melakukan pertemuan dengan Dr. Vivi Yulaswati Deputi Maritim dan SDA Bappenas dengan paparan akan potensi dan harapan bantuan dari pemerintah pusat untuk pengembangan Penggembalaan umum di kawasan Mbal-mbal Nodi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karo Metehsa Karo-Karo ,Rabu (17/5) siang kepada wartawan menyampaikan, bahwa salah satu tujuan utamanya melakukan kunjungan kerja ke pemerintah pusat, terkait peningkatan mutu kualitas jagung. Dimana selama ini,kualitas hasil kadar air jagung Tanah Karo diangka 25 -27 persen mengakibatkan harga tidak sesuai dengan harapan dari petani jagung. Seharusnya kadar air jagung di angka 15 persen sehingga bisa diterima pangsa pasar.

“Untuk itu lah, kita meminta bantuan ke pemerintah pusat atas bantuan pengadaan Dryer (pengeringan), dimana nantinya, bila pemkab Karo telah memiliki “Dryer”, jagung hasil panen dari petani bisa masuk ke Dryer (pengeringan), sehingga kadar air jagung bisa mencapai 15 persen, sehingga dengan mutu hasil tanaman jagung bagus, harga juga pasti bagus. Ini lah yang kita minta semalam ke pusat.

Dalam kunjungan tersebut, pemerintah pusat berjanji, akan membantu nya tahun depan terkait pengadaan Dyer tersebut,” pungkas Kadis Pertanian.(As)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments