Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaPemerintahTerpilih Secara Aklamasi, Maya Situmorang Ketua KADIN Taput periode 2023-2028

Terpilih Secara Aklamasi, Maya Situmorang Ketua KADIN Taput periode 2023-2028

Taput | Neracanews – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Tapanuli Utara menggelar musyawarah Kabupaten sekaligus pengukuhan struktur kepengurusan organisasi periode 2023-2028 yang diadakan di gedung Nasional Tarutung, pada hari ini Selasa (20/6/2023).

Maya Situmorang terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Tapanuli Utara periode 2023-2028, dalam Musyawarah Kabupaten (Mukab), bertempat di gedung Nasional Tarutung pada Selasa (20/6/2023).

Firsal Mutyara Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sumatera Utara Victor Siahaan mengukuhkan Dewan Pengurus KADIN Tapanuli Utara periode 2033-2028.

Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi yang diwakili Sekda Indra Simaremare dalam sambutannya mengatakan sepakat terhadap thema dan sub thema musyawarah. Ia berharap KADIN Taput akan bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemkab untuk meningkatkan perekonomian di daerah ini.

“Saya sangat setuju dengan thema untuk berkaloboras karena itulah tujuan kita. Bagaimana produk masyarakat bisa dipasarkan melalui Bumdes dan Koperasi yang sudah ada”sebut Indra dan berharap KADIN Taput ikut berusaha menciptakan lapangan kerja dengan potensi yang dimiliki Tapanuli Utara.

Dewan Pertimbangan Kadin Tapanuli Utara Satika Simamora meminta kepada pengurus Kadin yang baru, bahan baku tersedia di Tapanuli Utara, sekarang tinggal bagaimana SDM untuk mengoptimalkannya, saya minta kepada pengurus Kadin yang baru agar kompak mengangkat potensi yang ada di Taput. Kadin harus bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” pinta Satika.

Wakil Ketua Umum Koordinator Peningkatan Kualitas Manusia, Ristek dan Inovasi Darman Purba Tambak menyampaikan, “Dengan pengukuhannya Kamar Dagang Industri Indonesia ini kita akan lakukan terobosan menggali potensi Ekonomi baru, dimana Kadin Taput harus mampu menghasilkan Produk setengah jadi atau produk jadi yang akan di pasarkan secara Internasional maupun secara Nasional di Penjuru Negara kita ini. Jadi kita juga mengharapkan Kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara demi mewujudkan sejahterakan masyarakat Tapanuli Utara,” Ucap Darman.

“Disamping itu juga, diharapkan penuh kerjasama antara rekan-rekan pengurus dan anggota Kadin Tapanuli Utara demi mewujudkan Potensi Ekonomi Baru sesuai dengan program dari Ketua Umum Kadin Provinsi Sumatera Utara,” tambanya.

Caretaker Ketua KADIN Taput Lismardi Hendra menyampaikan terima kasih kepada KADIN Sumut yang mempercayainya menghantarkan KADIN Taput sampai di Musyawarah Kabupaten. Ia berpesan kepada Pengurus terpilih, agar mengelola potensi alam dan pariwisata di daerah ini. Kolaborasi “Pengusaha dan pemerintah harus mampu”sebutnya.

Sebelumnya, Ketua Umum KADIN Sumut Firsal Mutyara sebelum sambutannya, melalui slight memaparkan profil KADIN Sumatera Utara dengan berbagai program kerja lima tahun sesuai visi dan misi.
Ia menekankan, agar KADIN Taput mensinkronkan program kerja dengan vivi misi itu sesuai potensi yang dimiliki daerah. Ia menyampaikan terimakasih kepada berbagai Assosiasi Pengusaha yang mendukung Muskab yang dihadiri pengusaha.

Pada bagian sambutannya, ia berharap agar Pemkab Taput berpihak kepada pengusa lokal.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Gubsu agar pengusaha berpeluang berpartisipasi dalam perusahaan besar yang ada di Sumatera Utara. Kita jangan hanya penonton dirumah kita sendiri.”sebutnya sembari memberi contoh, untuk rental mobil saja tidak di beri kesempatan kepada pengusaha lokal.

Demikian juga anak anak SMK yang sudah tamat sekolah agar pengusaha dan Pemkab memberi kesempatan kerja. KADIN memberi beasiswa pendidikan vokasi dan pelatihan sehingga dapat magang di luar negeri.

Dikatakan, saat ini potensi wisata di Sumatera Utara lebih banyak diperani pihak swasta. “Swasta jangan tergantung pada proyek pemerintah tetapi pemerintah wajib membantu dan mendukung swasta”sebutnya.

“Saya sangat setuju dengan thema untuk berkaloboras karena itulah tujuan kita. Bagaimana produk masyarakat bisa dipasarkan melalui
Bumdes dan Koperasi yang sudah ada”sebut Indra dan berharap KADIN Taput ikut berusaha menciptakan lapangan kerja dengan potensi yang dimiliki Tapanuli Utara.

Pada Pleno I Musyawarah, Pimpinan Sidang Sementara Lismardi Hendra bersama Anggota mengesahkan tertib acara dan kuorum yang dihadiri 40 orang peserta dan Tata Tertib Musyawarah serta pemilihan Pimpinan Sidang Tetap Ketua Lismardi Hendra.

Pada Sidang Pleno II pemilihan DP KADIN Taput. Secara aklamasi memilih Maya Situmorang sebagai Ketua periode 2023-2028. Selanjutnya pada Pleno IV mengesahkan Susunan Personalia Dewan Pengurus.

Firsal Mutyara Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sumatera Utara Victor Siahaan mengukuhkan Dewan Pengurus KADIN Tapanuli Utara periode 2033-2028. antara lain,
Ketua Umum Maya Situmorang, Ketua Kadin Taput Maya Maria Situmorang
Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi, Hukum dan Komunikasi : Brist Z Siregar.
Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Perekonomian : Maniur Nainggolan
Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Maritim, Investasi dan Luar Negeri : Jhonson Edy Simanjorang
Wakil Ketua Umum Koordinator Peningkatan Kualitas Manusia, Ristek dan Inovasi : Darman Purba Tambak.

Pada saat itu juga dikukuhkan Dewan Penasehat dan Pertimbangan.
Maya Situmorang Ketua KADIN Taput.

Maya Situmorang Ketua KADIN Taput dalam sambutanya menyampaikan komitmen untuk mewujudkan kolaborasi bersama Pemkab Taput memajukan dunia usaha di daerah ini. Terutama yang berkaitan dengan UMKM, dengan prioritas pembinaan pengrajin ulos dan pemasarannya.

Maya juga mengajak semua pengusaha di Tapanuli Utara termasuk UMKM menjadi pengusaha yang profesional, KADIN akan memberikan bantuan sesuai dengan tugasnya.
Menurut Maya hal itu dapat terwujud melalui komunikasi intens.

Usai penutupan, acara dilanjutkan dengan penyerahan cenderamata berupa ulos kepada Ketua Umum KADIN Sumut dan jajarannya. (Henry)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments