Senin, Mei 27, 2024
BerandaPemerintahTenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Forkopimcam Natal Laksanakan Aksi Bersama Bersih...

Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Forkopimcam Natal Laksanakan Aksi Bersama Bersih Pantai

Neracanews | Mandailing Natal – Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa PDTT RI Irwansyah ST, MSi, memimpin kegiatan bersih pantai atau bergotong royong, di kawasan pantai natal pesisir pantai barat Madina, Provinsi Sumut, Kamis (26/10/2023).

Kegiatan ini merupakan rangkaian agenda Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2023.

“Kegiatan ini merupakan bagian upaya kita menumbuhkan kesadaran semua pihak, supaya terus membersihkan pantai agar bebas dari polusi plastik dan polutan lain,” kata Irwansyah.

Berdasarkan hasil analisis data pemantauan, sampah yang paling banyak dijumpai dan memiliki kepadatan tertinggi dari sepanjang pantai/lokasi berasal dari jenis plastik dan kayu. Artinya sampah terbanyak jenis kayu dan plastik.

Lebih lanjut, Irwansyah menegaskan upaya penanganan sampah seperti ini tidak hanya parsial dan dilakukan saat ini saja. Harapannya terus-menerus dilakukan sehingga menjadi sebuah gerakan Nasional. Sehingga menarik perhatian pengunjung wisatawan lokal maupun mancanegara.

Irwansyah juga menyampaikan bahwa sampah yang bermuara di pesisir dan laut ini berasal dari daratan. Sampah plastik dan kayu yang dijumpai di suatu lokasi pesisir dan laut juga bersifat lintas batas wilayah administrasi (trans-boundaries), yang dapat berpindah dari satu wilayah pesisir ke wilayah pesisir lainnya mengikuti pola arus laut.

“Oleh karena itu, dalam penanganannya harus menyeluruh hulu-hilir, dengan kerjasama seluruh desa dan kerja kolaborasi yang sifatnya kolektif,” ujar Irwansyah.

Semangat sinergi dan kolaborasi ini pun bak gayung bersambut, dimana pelaksanaan kegiatan ini juga melibatkan Forkopimcam, TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Darat, Pol-Airud, pelajar dan masyarakat sekitar.

Selain di pantai Natal, aksi bersih pantai juga dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan di pantai kapling yang berlokasi di Desa Taluk, Kec. Natal. Tidak hanya di Kecamatan Natal saja, karena kegiatan ini berkelanjutan maka, Selanjutnya kita juga akan mengarah ke kecamatan lainnya yang berada diwilayah pesisir pantai barat, yaitu Kec. Batahan dan Kec. Muara Batang Gadis Kab. Mandailing Natal.

Adapun sampah yang dikumpulkan dari kegiatan aksi bersih hari ini yakni jenis sampah kayu dan pelastik. Sampah yang sudah terkumpul sebagian dibakar dan sebagian lagi di angkut oleh mobil dinas terkait untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang sudah disediakan lokasinya.

Turut hadir pada kesempatan ini, Tenaga ahli dari kementerian Desa, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Camat, TNI-Polri, Danramil, Kapolsek, PLH Rutan Natal, Kasek SMA Negeri 1 Natal, Kasek MAN Natal dan perwakilan petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Madina di Natal. (Hem Surbakti)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments