Jumat, Juni 21, 2024
BerandaPemerintahTalkshow HUT Dekranas ke-51 di Medan, Romy Mariani Narasumber Bersama Merdi Sihombing

Talkshow HUT Dekranas ke-51 di Medan, Romy Mariani Narasumber Bersama Merdi Sihombing

DAIRI – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Dairi Romy Mariani Simarmata- Ny.Eddy Berutu menjadi narasumber dalam talkshow dalam peringatan HUT Dekranas ke-51, Selasa 16 Mei 2023, di Lapangan Merdeka, Kota Medan.

Selain Romy Mariani, turut menjadi narasumber adalah desainer terkenal, Merdi Sihombing.

Talkshow membahas bagaimana perkembangan ulos serta bagaimana kolaborasi Dekranasda Dairi bersama Yayasan Merdi Sihombing dalam pengembangan ulos.

Romy Mariani mengatakan memulai kolaborasi bersama Yayasan Merdi Sihombing di tahun 2019 dalam mengembangkan ulos silalahi. Ulos Silalahi, dikatakan Romy Mariani, memiliki motif yang berbeda dari ulos yang ada di seputaran Danau Toba.

“Dekranasda Dairi ingin membentuk satu ekosistem tenun yang di dalamnya terdapat petenun serta off taker (pembeli). Oleh karena itu kami berkolaborasi dengan Merdi Sihombing untuk mengembangkan Ulos Silalahi dari adat menjadi produk echo fashion.

Para petenun terus dilatih dan hasil tenun mereka sudah dipakai oleh pejabat negara dan itu membuat mereka menjadi semakin bersemangat,” kata Romy Mariani. Promosi tenun Ulos Silalahi, dikatakan Romy Mariani, gencar dilakukan oleh Dekranasda Dairi.

Promosi dilakukan tentunya bekerja sama dengan berbagai pihak sehingga promosi bisa dilakukan hingga ke Eropa, yakni ke Belgia. “Promosi ulos di Belgia, kami turut menghadirkan artis nasional Yuni Shara yang memakai Ulos Silalahi perpaduan antara tradisional dan moderen karya desainer Merdi Sihombing,” tambahnya.

Dalam perjalanan mengembangkan tenun Ulos Silalahi, Romy Mariani akui banyak tantangan yang dihadapi. Salah satunya adalah komitmen dari petenun Ulos Silalahi, namun secara perlahan komitmen itu secara perlahan dapat dijalankan.

Selain itu, tantangan lainnya adalah terkait regenerasi para petenun mengingat petenun yang ada di Silalahi adalah para orang tua.

“Kami selalu mendorong para generasi muda untuk ikut menjadi bagian dari pengembangan tenun Silalahi. Saat ini sudah ada beberapa generasi muda yang ikut menjadi petenun Ulos Silalahi,” ujarnya di akhir talkshow.

Selain talkshow, diadakan juga fashion show sebagai rangkaian HUT Dekranas ke-43. Dalam fashion show ini, hasil karya desainer Merdi Sihombing ditampilkan dengan mengusung konsep produk tenun Ulos Sitolu Huta. (As)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments