Jumat, Mei 17, 2024
BerandaPemerintahSemarakkan HUT RI ke- 78, Porkomfimcam Bersama Masyarakat Natal Selenggarakan Lomba Devfle...

Semarakkan HUT RI ke- 78, Porkomfimcam Bersama Masyarakat Natal Selenggarakan Lomba Devfle dan Berbagai Macam Perlombaan

Neracanews | Mandailing Natal – Pemerintah Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal menggelar serangkaian acara perlombaan guna menyemarakkan HUT RI ke-78 Tahun 2023.

Berbagai jenis lomba yang diperlombakan oleh panitia hut-ri, mulai dari defile, olahraga tradisional, kesenian, olahraga kompetisi dan pawai budaya yang diikuti berbagai lapisan peserta, mulai pelajar KB PAUD, TK, SD, SMP, SLTA hingga masyarakat umum tersebut, diselenggarakan dalam beberapa hari.

Camat Natal Ali Sahbana Nasution S.Sos mengatakan, selain untuk menyemarakkan dan membangkitkan rasa nasionalisme melalui perlombaan, kegiatan multievent ini juga dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan rasa kebangsaan terhadap generasi penerus bangsa.

“Kegiatan bersama ini, khususnya pawai budaya, nantinya diharapkan mampu meningkatkan tali persaudaraan antar masyarakat. Sekaligus bisa mengenalkan beragam budaya dan adat nenek moyang bangsa Indonesia kepada generasi muda,’’ terang Camat, sapaan akrab Ali kepada awak media, Senin, 14/08/2023.

Dengan demikian, kata Camat, mereka mengetahui dan tidak lupa akan warisan budaya serta sejarah bangsa Indonesia.

Salah satunya, lanjut Camat, melalui lomba defile tingkat pelajar, yang dilaksanakan hari ini di lapangan merdeka kecamatan natal, Dimana tujuannya, melatih kekompakan, kerja sama dan keakraban antar peserta, tuturnya.

Sementara itu, Ketua panitia HUT-RI Sekcam natal Nori Susanda S.Hut, Lurah Balia Sakti bersama Forkopimcam yang tergabung, Camat, Kapolsek, Danramil, Kasatpol Airud, Kacabjari, Ka.Rutan, Korwil XVI, selain lomba defile pihaknya juga ingin mengenalkan olahraga tradisional kepada pelajar agar tidak lupa dan bisa melestarikannya. Sehingga tidak punah karena kalah populer dengan olahraga modern saat ini.

Nori menyampaikan, lomba defile ini hanya di ikuti pelajar dari tingkat SD sampai tingkat SLTA, dimana pasukan dari sekolah masing-masing yang ikut dalam lomba defile ini akan dinilai oleh dewan juri gabungan dari Porkomfimcam natal.

Di sisi lain, Koordinator Lomba Dinas Pendidikan Korwil XVI Natal, Irawardi Spd menambahkan, pada momen Agustus tahun ini, Kecamatan Natal menggelar serangkaian perlombaan seni dan olahraga, mulai dari tingkat pelajar KB Paud,TK,SD, SMP, SLTA dan masyarakat umum.

Beberapa lomba cabang olahraga yang diperlombakan di antaranya ada bola kasti dan jenis olahraga lainnya. Sementara di bidang seni, terdapat lomba tari, baca puisi, pawai budaya, dan kesenian lainnya.

Selain menyemarakkan momen HUT RI, Ia berharap, dengan dilaksanakan serangkaian kegiatan tersebut, mampu memupuk rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap tanah air.

“Semakin menghargai sejarah para pejuang serta saling menjaga kerukunan antar masyarakat. Sesuai slogan Bhineka Tunggal Ika,’’ pungkasnya. (Hem Surbakti)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments