Minggu, Juni 23, 2024
BerandaPemerintahPemkab Karo Ikut Meriahkan Pekan Mode dan Pertanian Danau Toba

Pemkab Karo Ikut Meriahkan Pekan Mode dan Pertanian Danau Toba

7 Oktober 2023

Karo – Puluhan ribu pengunjung memadati kawasan hutan pinus Geosite Sipinsur, Humbang Hasundutan (Humbahas). Di kawasan yang memanjakan mata dengan pemandangan Danau Toba dari hutan pinus itu digelar Lake Toba Fashion Week 2023.

Pembukaan gelaran busana itu diawali dengan penampilan tarian etnis se Kawasan Danau Toba oleh ratusan anak, termasuk etnis Karo, serta puluhan stan pameran produk unggulan turut memeriahkan acara Lake Toba Fashion Week & Agriculture.

Seperti dari Palembang dan Indramayu juga ikut hadir. Masing-masing stan menampilkan produk unggulan yang dianggap sebagai ciri khas suatu daerah. Seperti Dekranasda Sumut yang menampilkan tas anyaman yang terbuat dari pandan, baju etnis, kain ulos, batik bermotif, serta oleh-oleh berupa cemilan keripik.

Selain itu, sejumlah kabupaten lainnya juga menampilkan produk andalan seperti dari Dekranasda Humbang Hasundutan (Humbahas), Pakpak Bharat, Karo, Dairi, Simalungun, Tapanuli Utara (Taput), Toba, dan Samosir, ada juga stan dari Kemenkumham, Kementerian Koperasi dan UMKM.

Stand-stand tersebut menampilkan seperti kain songket, kopi dan pengolahan kopi, batik, makanan khas daerah berupa lapet ubi dan pohul-pohul, daun kopi panggang, cemilan keripik, dan lainnya.

Setelah membuka acara Lake Toba Fashion Week & Agriculture, Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin bersama Pj Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumut Dessy Hassanudin mengunjungi stan ikut serta yang meramaikan acara tersebut.

Selain itu, stan yang berjejer rapi sepanjang jalan masuk menuju panggung itu turut menampilkan sejumlah bibit unggulan pertanian, seperti, bibit stek kentang granola, bibit cabai, sawi putih, cabai rawit, bibit tomat, kol, terung, juga ada pelatihan pengolahan kopi.

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin yang membuka kegiatan tersebut mengungkapkan warisan atas kekayaan dan kekayaan yang dimiliki Sumut. Hal itu terlihat dari produk budaya yaitu wastra. “Saya bangga dan Sumut memang hebat dan luar biasa,” ungkap Hassanudin pada pembukaan Lake Toba Fashion Week (LTFW) 2023 di Geosite Sipinsur, Desa Pearung, Kecamatan Paranginan, Humbahas, Jumat (6/10).

Hasaanudin optimis wastra Sumut memiliki daya saing yang tinggi di tingkat nasional hingga internasional. Ia berharap para pengrajin dapat terus berinovasi mengembangkan karyanya sehingga akan terus hidup.

Hassanudin juga menyebut Danau Toba merupakan kebangaan Sumut. Diharapkan kegiatan tersebut juga dapat mempromosikan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Superpriotitas Nasional.

Pembukaan Lake Toba Fashion Week ditandai dengan pemukulan taganding oleh Pj Gubernur Sumut bersama Pj Ketua Dekranasda Sumut, serta para bupati yang hadir.

Kegiatan ini akan berlangsung hingga 8 Oktober 2023. Adapun beragam kegiatan yang dilaksanakan pada acara tersebut di antaranya pagelaran busana, workshop, pagelaran seni, pameran UMKM.

Kegiatan tersebut juga diisi hiburan oleh, Lyodra Ginting, Vanda Gomes Hutagalung, Osen Hutasoit, Choky Sitohang, The Boys Trio, Putri Indonesia 2023 perwakilan Sumut, Tabitha Christabela Napitupulu, Putri Pariwisata Sumut 2023, Zeni Nurhalizah, Miss Supraglobal 2022, Ryzia Nabila Sitorus dari Tanjungbalai serta artis artis lokal lainnya.

Di tempat terpisah, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang menyampaikan, bahwa untuk meningkatkan potensi unggulan UMKM kearifan lokal dan pariwisata diperlukan sinergi yang kuat. “Seluruh sisi untuk ikut berpartisipasi, baik pemerintah, UMKM dan seluruh elemen terkait harus mengambil peran, ini penting, dalam meningkatkan pariwisata dengan kearifan lokal untuk meningkatkan ekonomi, hususnya masyarakat kawasan Danau Toba.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor juga mengatakan persiapan kegiatan tersebut dilakukan selama setahun lebih. Namun tanpa sinergi dan kerja sama seluruh pihak termasuk kepala daerah sekawasan Danau Toba, kegiatan tersebut tidak akan terwujud.

“Mudah-mudahan kegiatan yang akan dilaksanakan selama tiga hari ke depan ini akan membawa kebahagiaan bagi kita semua,”Pungkas Dosmar. (As)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Recent Comments